Apa yang ada di benak Anda jika mendengar kata air terjun? Pastinya sebuah kucuran air yang turun deras dan terbentuk alami oleh alam. Umumnya air terjun alami dapat ditemukan di pedalaman hutan atau pegunungan. Sumber mata airnya pun sangat jernih dan sejuk. Namun bagaimana jika air terjun tersebut dibuat oleh manusia dan dibuat dari kloset? Apakah hal tersebut bisa terjadi?

Jika Anda berkunjung ke negeri tirai bambu, Anda akan menemukan salah satu karya seni cukup aneh namun menarik perhatian banyak pengunjung di China yakni air terjun yang terbuat dari 10.000 kloset yang dijadikan satu.

Karya seni yang tidak biasa ini dapat Anda temukan di taman Shiwan Park yang letaknya di kota Foshan, Provinsi Guangdong, China. Di salah satu sudut taman, Anda akan melihat pemandangan air terjun yang bukan tercipta secara alami seperti halnya air terjun pada umumnya, Anda akan melihat tumpukan banyak kloset yang dijadikan satu dan membentuk seperti sebuah air terjun.

Dikutip dari merdeka.com (Rabu, 4/6/2014), pencipta dari karya seni unik ini adalah Shu Yong. Butuh waktu selama dua bulan untuk Shu Yong dan timnya menyusun toilet di taman dengan panjang 100 meter dan tinggi 5 meter. Shu Yong menggunakan kloset yang tidak terpakai sumbangan warga sekitar dan kloset yang merupakan produk cacat yang berasal dari pabrik.

Rangkaian 10.000 kloset tersebut terhubung oleh satu keran air, jika keran dinyalakan maka air akan mengaliri kloset-kloset tersebut dan terciptalah pemandangan seperti air terjun.

Awal ide pembuatan air terjun ini adalah untuk meramaikan acara Foshan Pottery and Porcelain pada tahun 2009, namun karena keunikannya, pihak kota mempertahankannya sebagai atraksi penarik turis. (dea)