Pulau Komodo di Lombok selain menawarkan Anda untuk bisa melihat secara langsung hewan komodo, ternyata pulau tersebut juga memiliki keindahan lainnya berupa pantai, yaitu Pantai Merah Muda atau Pink Beach. Sesuai namanya, pantai ini memiliki pasir yang berwarna merah muda. Dilansir Yukpegi, Jumat (6/6/2014), warna merah muda tersebut adalah hasil dari campuran antara cangkang kerang, serpihan karang, spons laut laut yang berwarna merah dan kalsium karbonat invertebrata laut kecil.

Pantai Merah Muda
Pantai Merah Muda

Pesona lain yang terdapat di pantai ini selain warna pasirnya yang merah muda adalah terdapat sekitar kurang lebih seribu jenis ikan, ratusan jenis karang, dan 70 jenis spons hidup di sekitar pantai. Agar dapat melihat lebih dekat lagi pesona tersebut, Anda harus melakukan penyelaman atau snorkelling di pantai tersebut. Selama melakukan penyelaman Anda diwajibkan untuk berhati-hati karena arus laut di pantai ini tergolong kuat.

Keindahan dalam laut Pantai Merah Muda
Keindahan dalam laut Pantai Merah Muda

Jika Anda tidak mau menyelam, Anda masih bisa menikmati pemandangan pantainya yang indah, karena pantai ini masih belum banyak pengunjungnya, sehingga masih terlihat bersih dan belum dikotori oleh sampah-sampah berserakan. Selama mengunjungi pantai ini, Anda akan ditemani oleh petugas perlindungan taman nasional komodo karena di pantai ini juga dihuni oleh komodo. Tentunya Anda tidak ingin ketika sedang asyik menikmati pemandangan tiba-tiba Anda diserang oleh komodo.

Pantai Merah Muda
Pantai Merah Muda

Untuk mencapai pantai ini, Anda bisa menggunakan jalur darat atau menggunakan perahu. Sebelum menuju ke pantai ini, para turis biasanya berkumpul di sebuah perkampungan yang bernama Loh Liang. Dari sana bila Anda menumpang perahu, Anda bisa sampai di Pantai Merah Muda dalam waktu 30 menit. Namun jika Anda memutuskan menggunakan jalur darat, Anda akan menghabiskan waktu sampai 4,5 jam.

Bila Anda kebetulan sedang berlibur, maka daerah Lombok bisa dijadikan pilihan, karena banyak tersedia tempat wisata di sana, termasuk salah satunya Pantai Merah Muda ini. (tom)