Mungkin Anda belum pernah mendengar makanan dengan nama Nasi Sek. Untung saja huruf terakhirnya “K”, bukan “X”. Bayangkan jika benar-benar ada menu makanan dengan nama nasi sex, maka mungkin Anda akan langsung memikirkan yang tidak-tidak.

Nasi sek merupakan makanan khas Pariaman. Makanan ini merupakan makanan wajib yang harus disantap ketika mengunjungi salah satu pantai yang berada di Pariaman, yaitu Pantai Gondariah. Nasi sek merupakan nasi yang dibungkus dengan daun pisang. Sekilas tak ada yang istimewa dengan nasi seukuran kepalan tangan tersebut dan nasi sek ini akan mengingatkan dengan nasi kucing di daerah Jawa Tengah atau Yogyakarta, karena ukurannya yang sama-sama kecil. Istimewanya nasi Sek terletak pada ‘nama’ dan lauknya.

Dilansir Merdeka, Jumat (6/6/2014), nama sek pada nasi sek ini merupakan singkatan dari ‘saratuih kanyang’ atau seratus kenyang. Dulunya, nasi sek terdiri dari nasi yang dibungkus daun pisang, gulai jengkol, sambal cabai, sayur singkong, serta merupakan nasi yang sangat diminati warga Pariaman karena harganya yang sangat murah, yaitu hanya Rp 100. Seiring dengan perubahan zaman dan kondisi ekonomi Indonesia, maka harga nasi sek ini tak lagi Rp 100. Selain itu, jika dulu nasi sek ini banyak tersebar di Pariaman, kini satu-satunya tempat untuk menikmati nasi sek ini hanyalah di sepanjang Pantai Gondariah.

Untuk lauknya, karena berada di Pariaman, maka lauknya juga harus khas Pariaman. Lauk yang tersedia adalah gulai kepala ikan atau ikan karang, gulai jengkol, sambal cabai, dan sayur singkong. Kadang, sala lauk pun hadir menjadi pilihan lauk untuk nasi sek ini. Sala lauk merupakan cemilan khas Pariaman yang terbuat dari tepung berbumbu yang di dalamnya berisikan ikan kecil-kecil.

Nasi sek bersama lauknya yang menggugah selera menjadi hidangan siang yang nikmat saat mengunjungi pantai Gondariah, Pariaman. Meskipun tidak lagi berharga Rp 100, makanan ini tetap memiliki harga yang terjangkau, yaitu hanya Rp 2 ribu saja, hanya saja harga tersebut belum termasuk lauk-pauknya. Tertarik mencoba makanan ini? (tom)