Seorang wanita memang identik dengan kegiatan belanja. Bagi mereka, kegiatan belanja bisa menjadi penghilang stres. Meski demikian, sebaiknya Anda perlu berhati-hati jika Anda atau kenalan anda yang seorang wanita sudah melakukan belanja secara berlebihan atau ketagihan belanja. Selain membuat pengeluaran Anda semakin membengkak, ketagihan belanja ternyata juga berpengaruh juga pada kondisi mental atau psikis Anda.

Dilansir dari womenshealthmag.com, Jumat (6/6/2014), ada tiga tips mudah yang bisa Anda ikuti untuk bisa mengatasi ketagihan belanja, sehingga Anda bisa lebih bijak dan cerdas lagi dalam berbelanja.

1. Jangan Terburu-Buru untuk Langsung Membeli

Membeli suatu barang ketika merasa barang yang dilihatnya itu terlihat cantik atau lucu merupakan salah satu kesalahan yang sering dilakukan pada wanita. Untuk mengontrol pengeluaran dan pemborosan, luangkan waktu Anda untuk melakukan semacam riset. Cobalah cari tahu apakah Anda benar-benar membutuhkan barang tersebut. Atau jika perlu, cobalah tanya ke teman-teman Anda dan mintalah opini atau pendapat mereka tentang barang yang akan Anda beli tersebut. Anda juga harus memikirkan apakah barang tersebut akan berguna dalam jangka panjang, serta apa yang akan dilakukan pada barang tersebut setelah nanti tidak digunakan lagi.

2. Pikirkan Apakah Anda Layak Membeli Barang Tersebut

Pikirkan sebuah hal yang membuat Anda pantas untuk membeli barang yang Anda inginkan. Seperti misalnya Anda baru saja menyelesaikan pekerjaan yang cukup sulit, dan sebagai hadiah atas usaha Anda, Anda membeli baju atau jaket yang Anda inginkan. Dengan demikian, barang yang sudah Anda beli itu akan merasa berharga bagi Anda dan tidak menjadikan barang tersebut sebagai barang yang sia-sia .

3. Seimbangkan Perspektif Anda

Selain mempersiapkan daftar barang-barang yang akan Anda beli, Anda juga harus mempersiapkan daftar barang yang telah Anda miliki dan syukuri semuanya. Mungkin terdengar sepele, namun dengan melakukan hal tersebut, Anda akan dibuat terbiasa untuk lebih mensyukuri semuanya dan tidak mudah tergoda untuk membeli barang baru. (tom)