Bagi musisi baru, tentunya akan merasakan grogi ketika akan manggung. Rasa grogi ini ternyata tidak hanya terjadi pada musisi baru saja, bahkan musisi senior juga ada yang masih merasakan grogi ketika akan manggung. Berbagai cara pun dilakukan oleh para musisi ini untuk mempersiapkan diri sebelum manggung. Kebiasaan atau ‘ritual’ unik ini hampir mereka lakukan setiap akan tampil dalam konser besar maupun acara sederhana di kafe. Berikut adalah 5 musisi Indonesia dengan ritual unik sebelum manggung, dilansir dari Kapanlagi, Minggu (8/6/2014).

1. Petra Sihombing

Petra Sihombing
Petra Sihombing

Menurut pria berumur 22 tahun, sebelum manggung dirinya wajib untuk meminum susu. Ritual minum susu ini akan menjaga mood Petra tetap bagus. Di luar panggung, Petra juga kerap mengkonsumsi susu.

2. Raisa

Raisa
Raisa

Penyanyi cantik bernama lengkap Raisa Andriana ini kerap membuka gadget miliknya dan mengunduh beberapa video atau lagu sebelum manggung. Video yang dia unduh dari situs YouTube itu digunakannya sebagai referensi agar bisa tampil sesuai dengan konsep acara yang dibawakan.

3. Ariel NOAH

Ariel NOAH
Ariel NOAH

Mungkin yang dilakukan Ariel ini bukan sebuah ritual, melainkan berdandan. Di kalangan rekan se-band dan tim manajemen, sosok Ariel dikenal sangat ribet urusan penampilan, terutama rambut. Jadi ia menghabiskan banyak waktu hanya untuk membuat rambutnya tampak sempurna.

4. Bimbim Slank

Bimbim Slank
Bimbim Slank

Sang penggebuk drum dari band Slank ini ternyata suka berkaca sebelum manggung. Oleh karena itu di setiap tempat Slank bermain, ia selalu meminta sebuah cermin besar kepada penyelenggara. Dikabarkan kebiasaannya berkaca ini ternyata dilakukan untuk menambah kepercayaan dirinya.

5. Tulus

Tulus
Tulus

Penyanyi asal Bandung yang kini sedang naik daun ini ternyata memiliki ritual unik sebelum manggung, yaitu suka menyendiri beberapa menit sebelum naik pentas. Ia menghabiskan waktu sendiri untuk menggambar atau menulis. Kebiasaan ini sudah cukup lama dilakoni Tulus. Dan sampai saat ini ia masih cukup rajin melakukan ritual khusus tersebut. (tom)