Dunia musik tak jarang bisa menghasilkan musisi-musisi handal, bahkan bisa dibilang legendaris, karena memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan musik. Berikut adalah 5 musisi legendaris dunia yang paling berpengaruh, dilansir dari Kapanlagi, Senin (9/6/2014).

1. Elvis Presley

Elvis Presley
Elvis Presley

Namanya jelas tidak asing bagi para penggemar musik rock and roll, yang mencapai ketenaran pada tahun 60-an hingga 70-an. Musisi yang identik dengan jambul dan juga gaya retronya ini sangat populer di masanya, namun sayang karir Elvis harus terhenti di usia 42 tahun, karena dirinya meninggal akibat gagal jantung.

2. Freddie Mercury

Freddie Mercury
Freddie Mercury

Sang vokalis dari grup band Queen ini pantas menyandang gelar sebagai musisi legendaris. Freddie memiliki musikalitas yang sangat memukau. Hal itu terlihat dari musik serta lirik lagu Queen yang cukup unik dan khas. Sayangnya Freddie harus meninggal akibat AIDS yang dideritanya.

3. John Lennon

John Lennon
John Lennon

Salah satu mantan personel The Beatles ini selalu membuat karya dengan lirik yang mendalam, menjadikan The Beatles band paling berpengaruh versi majalah Times. John meninggal di usianya yang ke-40 karena kasus penembakan pada tanggal 8 Desember 1980.

4. Jimi Hendrix

Jimi Hendrix
Jimi Hendrix

Jimi Hendrix merupakan musisi legendaris, sekaligus dewa gitar. Selain ahli bermain gitar, dirinya juga memiliki kemampuan olah vokal yang cukup baik. Karya-karya Jimi Hendrix yang mengambil jenis musik blues jelas berpengaruh terhadap musisi-musisi baru yang bermunculan, yang juga memilih jenis musik yang sama. Dirinya meninggal di usia yang tergolong sangat muda, yaitu 27 tahun.

5. Bob Marley

Bob Marley
Bob Marley

Bob Marley adalah ikon dari musik reggae. Bicara musik reggae, yang terbesit dalam benak kita pastilah Bob Marley. Dirinya begitu gencar menyuarakan perdamaian di seluruh dunia. Menurut Bob, musik reggae tak hanya menjadi musik baginya, namun juga keyakinan dan gaya hidup atau dikenal dengan sebutan rastafara. Pemikiran-pemikirannya yang apa adanya membuatnya selalu dibanggakan hingga saat ini. (tom)