Jika biasanya wayang dimainkan oleh para dalang di panggung khusus wayang. Namun, di Vietnam, pertunjukan wayang dimainkan di atas air lho. Bisakah Anda membayangkannya?

Mua roi nuoc, berasal dari bahasa Vietnam yang artinya ‘boneka yang menari di atas air’, menurut Wikipedia adalah sejenis wayang yang merupakan seni pertunjukan tradisional Vietnam.

Mua roi nuoc dijalankan di atas panggung berupa kolam berisi air setinggi pinggang. Di sekeliling panggung, para musisi memainkan lagu-lagu tradisional untuk mengiringi jalannya cerita. Boneka-boneka kayu seberat 14 kilogram tersebut di kendalikan oleh delapan orang dalang yang bersembunyi di belakang tirai.

Dilansir situs Go See Asia, Selasa (10/6/2014), Mua roi nuoc biasanya menampilkan lakon dari cerita-cerita rakyat tradisional. Panggung yang terbuat dari kolam air pun ditambahi efek bermacam-macam seperti kabut buatan atau lampu dengan pencahayaan berkedip-kedip. Jika pertunjukan sudah selesai, biasanya delapan dalang tadi akan muncul dari bawah air untuk menerima tepuk tangan dari para penonton.

Sebelumnya, pertunjukan mua roi nuoc dilakukan saat musim banjir merusak tanaman padi milik penduduk. Tujuan digelarnya acara ini adalah untuk menenangkan arwah-arwah agar menghentikan kemalangan berupa gagal panen yang mereka berikan kepada warga.

Tak hanya itu, mua roi nuoc juga menjadi sumber hiburan murah meriah bagi warga Vietnam yang sedang susah karena mengalami kegagalan dalam pertanian.

Mua roi nuoc termasuk jenis kesenian yang cukup tua. Pertunjukan wayang ini muncul pada abad 11 di Delta Sungai Merah. Kini, mua roi nuoc diadakan secara rutin di Vietnam. Jika dulu tujuannya berkaitan dengan pertanian, sekarang pertunjukan mua roi nuoc lebih banyak bertujuan untuk melestarikan kesenian lokal Vietnam tersebut agar tidak tertelan zaman.

Wah, sangat keren bukan pertunjukan Mua roi nuoc ini. (nha)