Setahun Lalu di Vienna

Pria ini terlahir dengan nama asli Thomas Neuwirth pada 25 tahun silam. Meski memiliki raga seorang laki-laki, namun jiwanya justru menirukan kaum wanita. Sejak kecil, ia pun kerap mengenakan pakaian ala wanita. Rupanya, kebiasaan berdandan ala wanita menjadikan Thomas bertransformasi menjadi wanita.

Ketika berumur 17 tahun, pemuda yang berasal dari sebuah desa bernama Bad Mitterndorf, Austria Selatan memiliki penampilan yang casual dan tampak selalu ceria. Thomas pun pernah menjadi salah satu anggota boyband. Thomas adalah member boyband bernama Jetzt Anders.

Saat bergabung dalam Jetzt Anders di tahun 2007, usia Thomas adalah 18 tahun. Menjadi member dari Jetzt Anders, membuat Thomas terkenal di Austria. Semenjak itu, pergulatan batin Thomas dimulai. Akhirnya, Thomas memutuskan untuk menjadi seorang transgender.

Resmi pada tahun 2011, Thomas mulai meninggalkan identitas lamanya. Ia pun mengganti namanya menjadi Conchita Wurst. Wurst adalah pemuda yang berasal dari sebuah desa bernama Bad Mitterndorf, Austria Selatan.

Untuk melengkapi penampilannya sebagai wanita, Wurst melakukan ekstensi rambut agar tampak panjang. Meski menjadi transgender, Wurst rupanya tetap menjaga kumis memenuhi wajahnya.

Dengan penampilan uniknya itu, Wurst terpilih sebagai perwakilan Austria untuk kontes tahunan Eurovision tahun 2014 ini. Alhasil, ia sukses meraih kemenangan dan langsung menjadi sensasi global. Penampilan Wurst menyanyikan lagu Rise Like a Phoenix itu menarik perhatiaan 170 juta pemirsa di seluruh dunia.

“Kemenangan ini adalah karena kalian dan untuk kalian semua. Hal ini membuktikan bahwa masih ada kedamaian. Membuktikan bahwa kita semua tidak bisa dihentikan,” ujar Wurst dalam pidatonya.

Atas kemenangannya, Wurst meraih pendapatan mencapai GBP 25 juta (Rp 486 miliaran). Nilai sebesar itu menjadikan Wurst sebagai pemenang Eurovision terbesar kedua semenjak ABBA di tahun 1974 silam.

Rupanya. kemenangan Wurst tak membuat semua orang menyetujuinya. Ada yang mendukung, dan tak sedikit yang mencibir. Meski demikian, Wurst tak pernah merasa malu akan keadaan fisiknya tersebut. Dilansir Kapanlagi, ini adalah foto-foto transformasi Conchita Wurst, gadis berkumis yang sensasional. (nha)