Inilah 5 Makanan Khas Kamboja, Mau?


Asia Tenggara selain tempat wisatanya, terkenal pula dengan makanannya yang beragam. Misalnya seperti makanan Kamboja. Makanan Kamboja merupakan salah satu khasanah kuliner tertua yang pernah ada. Kuliner ini merupakan perpaduan antara citarasa Vietnam dan Thailand. Berikut adalah 5 makanan khas Kamboja, dilansir dari Merdeka, Kamis (12/6/2014).

1. Bai sach chrouk

Bai sach chrouk berarti babi dan nasi. Sesuai namanya, makanan ini berisikan daging babi serta nasi. Makanan ini merupakan makanan yang paling populer untuk disantap sebagai sarapan di Kamboja. Makanan ini biasanya dijual di kedai-kedai pinggir jalan pada pukul enam sampai sembilan pagi. Makanan ini terbuat dari daging babi yang diiris tipis, diolesi kecap, santan atau bawang putih dipanggang di atas bara arang agar rasa manis keluar, dan disajikan bersama nasi acar mentimun.

2. Ang dtray-meuk

Makanan ini berupa cumi-cumi utuh yang dipanggang. Biasanya penjual makanan ini membawa panggangan yang dipikul di pundak. Cara pembuatannya pertama cumi-cumi diolesi dengan perasan jeruk nipis atau saus ikan kemudian dipanggang di atas barang arang. Untuk penyajiannya disediakan saus kemerahan khas Kamboja dalam mangkuk kecil.

3. Semut merah dengan daging dan daun basil

Makanan Kamboja kadang berisikan bahan yang tidak biasa, seperti serangga. Beberapa camilan Kamboja antara lain adalah tarantula, jangkrik, belalang, bahkan semut merah. Untuk makanan yang terdapat semut merah masih tergolong mudah diterima lidah orang asing daripada jangkrik atau kalajengking. Semut merah dalam berbagai ukuran digoreng dengan jahe, serai, bawang putih, daun bawang dan irisan daging sapi. Anda juga bisa memakan semut merah ini dengan cabai untuk melengkapi cita rasa semut yang berasa asam.

4. Kari merah Khmer

Negara-negara Asia memiliki karinya masing-masing. Untuk di Kamboja, kari disajikan dengan kuah merah yang kental. Penampilannya mirip dengan kari khas Thailand. Meskipun terlihat banyak mengandung cabai, ternyata kari Khmer ini tidak sepedas kari di Thailand. Isinya terdiri dari daging sapi, ayam atau ikan, terong, buncis, kentang, dan santan.

5. Fish amok

Masakan ini bentuknya menyerupai puding, tetapi mempunyai citarasa yang gurih karena terbuat dari ikan. Yang membuat makanan ini terasa unik di lidah adalah penambahan slok ngor, rempah khas Kamboja yang rasanya sedikit pahit. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak