Siapa sangka? Rupanya Ustad Guntur Bumi (UGB) kerap menggunakan beragam barang tak lazim untuk mengobati para pasiennya. Suami Puput Melati itu memakai jenglot sebagai metode pengobatannya.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Heru Pranoto, mengatakan pihaknya telah menyita barang bukti terkait penipuan yang dilakukan UGB.

“Iya kami sudah melakukan penyitaan barang bukti dari cara penipuan yang dilakukan oleh tersangka (UGB). Barang bukti itu berupa jenglot dan paku-paku,” tutur Heru

Lebih lanjut Heru menjelaskan, berkas atas kasus UGB tengah dilengkapi penyidik sebelum diserahkan ke Kejaksaan. “Berkasnya lagi ada tambahan lagi, kini sedang berjalan. Pengiriman berkas 2 minggu lagi paling lama,” ungkap Heru

Salah satu mantan pasien UGB menunjukkan beberapa benda tak lazim lainnya yang digunakan UGB seperti pocong hitam dan pocong putih yang berisi tanah kuburan, kalajengking, ulat, dan kail.

â??Itu yang bawa dari pihak UGB, ada kalajengking juga. Banyak tuh pocong di rumah saya, katanya isi dalam pocong itu tanah kuburan, itu UGB yang bilang, rupanya itu untuk menipu biar pasien banyak keluar duit,â? kata sang pelapor, seperti dikutip Detik, Kamis (12/6/2014)

Ketika ditanya soal benda-benda aneh tersebut, pihak UGB jutsru mengaku tak tahu-menahu. Bahkan, Sunan Kalijaga selaku kuasa hukum UGB menuturkan bahwa UGB membantah beberapa barang bukti yang dibawa si pelapor.

â??Pas diperlihatkan barang bukti itu, dia senyum aja. Dia bilang nggak kayak gini, ini beli di mana dia juga bingung, dia menyangkal alat-alat bukti yang aneh itu,â? pungkas Sunan.

â??Kalau jenglot saya belum tahu, yang saya tahu kail, kapas yang ada darahnya, paku karatan. Tak semua alat bukti yang dibawa pelapor dibenarkan oleh UGB,â? tutup Sunan. (nha)

Barang