Musik sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia yang tidak bisa dipisahkan. Walaupun demikian, tak jarang sebuah tragedi seperti bunuh diri atau pembantaian dikaitkan dengan lagu yang didengar oleh pelakunya. Berikut adalah lagu-lagu yang dituduh menjadi penyebab tragedi, dilansir dari Kapanlagi, Kamis (12/6/2014).

1. Suicide Solution (Ozzy Osbourne)

Lagu “Suicide Solution” milik Ozzy Osbourne ini diduga menjadi penyebab kasus bunuh diri remaja bernama John McCollum. Lagu tersebut setelah ditelusuri memiliki lirik lagu yang mengajak seseorang untuk bunuh diri. Gara-gara lagu ini, Ozzy pun dituntut oleh orang tua John. Namun kasusnya ditolak oleh pengadilan.

2. Helter Skelter (The Beatles)

Siapa sangka kalau lagu dari band legendaris The Beatles ternyata bisa memicu pembunuhan sadis? Itulah yang dilakukan oleh Charles Manson, yang memimpin sebuah sekte sesat, Manson Family. Di perkumpulan tersebut ia mencuci otak para pengikutnya, yang kebanyakan perempuan, untuk berbuat onar dan huru hara. Salah satu caranya adalah dengan melakukan pembunuhan secara acak. Lagu “Helter Skelter” dalam benak Charles berarti orang-orang kulit hitam akan segera menang dan orang kulit putih akan segera kalah, padahal lagu aslinya terinspirasi dari nama roller coaster di Inggris.

3. Better By You, Better Than Me (Judas Priest)

Judas Priest sebagai band pelantun lagu “Better By You, Better Than Me” langsung dituduh sebagai penyebab bunuh diri dua fansnya, yaitu James Vance dan Raymond Belknap. James tewas di tempat kejadian setelah menembak kepalanya sendiri. Raymond melakukan hal yang sama tetapi nyawanya berhasil diselamatkan, meski 3 tahun kemudian ia meninggal dunia. Keluarga dan pengacaranya menuduh penggalan lirik ‘Do it’ adalah sebuah pesan terselubung atau subliminal message. Namun Judas Priest dianggap tak bersalah dan dibebaskan.

4. Night Prowler (AC/DC)

Lagu “Night Prowler” milik AC/DC dijadikan inspirasi oleh Richard Ramirez, yang membunuh 16 orang di California pada tahun 1980. Menurut AC/DC, lagu tersebut sebenarnya bercerita tentang seorang remaja yang menyelinap ke rumah pacarnya ketika orang tuanya sedang tertidur. Namun entah kenapa, di tangan Richard lagu itu jadi begitu mengerikan.

5. Bodies (Drowning Pool)

Jared Loughner, melakukan penembakan di Tucson, Arizona pada tahun 2011. Kejadian itu menewaskan enam orang dan 14 lainnya mengalami cedera termasuk seorang anggota kongres, Gabrielle Giffords. Jared diduga terpengaruh lagu dari band Drowning Pool berjudul “Bodies”. Sebelumnya pada tahun 2003, seorang remaja bernama Joshua Cooke juga membunuh orang tuanya sendiri sambil mendengarkan lagu Drowning Pool. (tom)