Salah satu destinasi terbaik yang ada di Indonesia adalah Pulau Moyo. Pulau Moyo terletak di Kecamatan Labuan Badas, Kabupaten Sumbawa. Kawasan ini adalah sebuah tempat wisatawa yang memiliki pemandangan alam yang menakjubkan.

Banyak pepohonan hijau nan segar yang mengelilingi area pulau tersebut. Luas Pulau Moyo sekitar 330 km persegi dengan jumlah penduduk 2.025 jiwa. Dilansir TravelDetik, Jumat (13/6/2014), Pulau Moyo masuk dalam kecamatan Labuan Badas dan memiliki 6 desa yaitu Labuhan Aji, Brang Rea, Sibatok, Brang Kua, Sitema dan Patedong.

Kawasan ini pun mengandalkan pantai dan laut untuk menarik perhatian para wisatawan. Terlebih, air laut di pulau ini sangat terbebas dari kotoran. Oleh sebab itu, Pulau Moyo dikenal dengan perairannya yang jernih.

Layaknya pantai pada umumnya, wisatawan pun dapat menikmati pemandangan matahari terbenam (sunset) pada sore hari. Saat matahari berada di ujung ufuk, gradasi langit pun memerah dengan perpaduan warna jingga.

Alhasil, tempat ini selalu ramai dikunjungi para turis lokal maupun mancanegara setiap tahunnya. Tak sedikit pula keluarga yang membawa anak-anaknya berlibur ke sini.

Tak hanya memiliki pantai yang indah, Pulau Moyo pun mempunyai kawasan hutan yang masih asri. Hutan inilah yang menjadi tempat tinggal hewan-hewan liar di Moyo.

Selain itu, Pulau Moyo juga diisi oleh air terjun yang indah bernama Diwu Mbai. Jika ingin berkunjung ke sini, wisatawan bisa menuju Pulau Sumbawa bisa lewat darat (laut) dan udara.

Apabila lewat darat, dari Mataram, ibu kota Provinsi NTB, Anda menuju timur, tepatnya menuju Pelabuhan Kayangan (Lombok) menyeberang menggunakan feri ke Poto Tano (Sumbawa Barat), lantas melanjutkan perjalanan lewat darat menuju Kota Sumbawa Besar, ibu kota Kabupaten Sumbawa.

Jika menggunakan transportasi udara, dari Bandara Internasional Lombok (BIL), Praya (Lombok Tengah), Anda terbang menuju Bandara Sultan Kaharuddin (Sumbawa). (nha)