Sebelum memutuskan untuk pergi berlibur ke suatu tempat, ada baiknya mensurvey dulu tempat liburan yang akan kita kunjungi. Jangan tergiur hanya karena pemandangannya yang indah saja tetapi faktor keamanan pun harus diperhatikan.

Seperti tempat eksotis yang terdapat di benua Afrika tepatnya di Ethiopia, sumber air panas bernama Dallol ini memiliki pemandangan indah yang menyegarkan mata namun siapa sangka sumber air panas yang satu ini ternyata beracun.

Dikutip dari liputan6.com (Sabtu, 14/6/2014), Dallol merupakan tempat yang terbentuk dari letusan gunung berapi yang kaya akan gas alam dan mineral, dan garam. Hal ini menghasilkan pemandangan yang begitu eksotis dengan perpasuan warna hijau, kuning, pink, putih, abu-abu, hitam dan merah yang berasal dari kawah yang tersebar di berbagai tempat.

Suhu rata-rata yang terdapat di Dallol adalah sekitar 34 derajat celcius dan dikelilingi gas beracun. Pada abad ke-20, beberapa perusahaan tambang asal Amerika, India, dan Italia didirikan di sekitaran Dallol, namun karena alamnya terlalu keras dan bahaya bagi para pekerja, sehingga banyak bangunan yang ditinggalkan dan terabaikan. Lanskapnya sendiri terdiri dari air panas dengan kandungan asam yang tinggi, bukit mengandung kandungan belerang, gundukan garam, dan geyser yang sesekali menyemburkan gas-gas mematikan.

Dallol disebut sebagai tempat terpanas yang ada di muka bumi. Pengunjung yang datang ke kawasan eksotis ini hanya baru beberapa ratus saja. Masih banyak orang yang ragu untuk mengunjungi tempat ini. Tempat ini pun disebut-sebut sebagai kota hantu karena sedikitnya penduduk yang tinggal disini, gas beracun yang menyembur sewaktu-waktu pun tak jarang menimbulkan korban jiwa.

Keamanan di sekitar Dallol pun mengkhawatirkan karena banyaknya preman lokal dari desa yang beresiko menculik atau merampok para pengunjung yang datang ke tempat ini. (dea)