Hutan merupakan area yang umumnya dikelilingi pepohonan dan tumbuh-tumbuhan yang lebat biasanya terdapat di daerah pegunungan. Hutan berfungsi sebagai paru-paru dunia, dan juga sebagai temoat tinggal binatang liar. Hutan pun berfungsi menyediakan cadangan air dan oksigen bagi kehidupan manusia.

Setiap negara memiliki hutan dengan keunikannya masing-masing, tak jarang hutan-hutan tersebut memiliki pemandangan indah dan menakjubkan. Dikutip dari merdeka.com (Sabtu/14/6/2014), berikut ini lima hutan dengan kondisi alam paling indah di dunia.

1. Hallerbos, Belgia

hutan

Hallerbos adalah hutan yang terletak di kawasan Halle, sekitar 15 kilometer dari ibu kota Belgia, Brussel. Pada musim semi hutan ini akan berubah menjadi sangat cantik karena dikelilingi hamparan ungu yang berasal dari bunga hyacinth.Pengunjung tidak dikenakan biaya apapun untuk melihat kecantikan bunga di hutan ini. Sebelumnya hutan ini merupakan bagian dari Hutan Sonian, yang merupakan hutan teluas di benua Eropa yang terbentang di bagian selatan kota Brussel.

2. Black Forest, Jerman

black-forest-jerman

Hutan ini letaknya di Wurttemberg, Jerman bagian barat. Di dalam hutan terdapat desa bernilai sejarah. Hutan ini menyuguhkan pemandangan yang luar biasa indah, dengan panorama lembah, pepohonan tinggi, dan air sungai yang jernih. Kabut tipis menyelimuti area hutan bak di hutan yang ada di negeri dongeng.

3. Hutan Sagano, Jepang

hutan sagano

Hutan Sagano ini letaknya di Arashiyama, bagian barat Kota Kyoto, Jepang. Hutan ini memiliki nilai sejarah bagi warga Jepang. Ketika di dalamnya, Anda akan menemukan jalan setapak sepanjang 500 meter yang kedua sisinya dihiasi pohon bambu.

4. Flower Forest Botanical Garden, Barbados

flower-forest-botanical-garden-barbados

Hutan yang sekaligus taman nasional ini terletak di St. Joseph, Distrik Richmond, Barbados. Hutan ini merupakan taman bitani seluas3,6 acre dari total lahan seluas 10 acre. Sisanya adalah hutan liar yang masih terjaga keasriannya.

5. Hutan Gunung Salju, China

hutan gunung salju china

Hutan salju Baima adalah hutan yang berlokasi di kawasan pegunungan Diqin, Perfektur Yunnan, China. Hutan yang didominasi rumpun bunga azalea ini merupakan hutan yang kondisi alamnya terjaga. Anda akan melihat hamparan merah muda yang berasal dari bunga tersebut. Selain itu, hutan ini merupakan habitat asli dari moyet emas Yunnan yang langka. (dea)