Minuman keras atau minuman beralkohol dewasa ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup, terutama para pria. Baik dalam suatu pesta maupun suatu festival, ada saja minuman keras yang disuguhkan. Namun tahukah Anda terlalu banyak mengonsumsi minuman keras dapat membahayakan kesehatan dan merusak tubuh? Dikutip dariĀ merdeka.com (Sabtu, 14/6/2014), terdapat beberapa efek buruk minuman keras yang tidak baik bagi tubuh.

1. Mabuk, Mual dan Muntah

Salah satu efek umum setelah meminum minnuman keras adalah timbulnya rasa mabuk yang membuat kesadaran manusia menurun. Mabuk dapat membuat seseorang behalusinasi dan tidak sadar apa yang sedang dilakukannya. Setelah mabuk, efek selanjutnya yang akan timbul adalah mual dan muntah karena tubuh tidak kuat menahan dampak yang didapat saat menenggak minuman keras.

2. Gangguan Lever

Terlalu banyak asuan alkohol dari minuman keras yang diterima tubuh dapat berbahaya bagi kesehatan lever. Karena alkohol harus bekerja lebih keras dalam menyaring cairan yang terdapat pada minuman keras. Lever dapat mengalami pembengkakan dan mengandung banyak air di dalamnya. Sekitar 10-20% penyakit lever diakibatkan oleh konsumsi alkohol yang berlebih.

3. Kecanduan

Minuman keras dapat membuat seseorang dengan mudah menjadi kecanduan. Hal ini karena minuman keras dapat menciptakan sensasi tersendiri pada kesehatan psikologis Anda. Kecanduan yang para dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan fisik maupun mental.

4. Menurunkan Kesehatan Mental

Dampak buruk lainnya dari mengonsumsi minuman keras adalah dapat menurunkan kesehatan mental. Gangguan kesehatan mental yang terjadi adalah menurunnya fungsi otak, menurunkan kemampuan indera, meningkatkan resiko dan depresi, dan menyebabkan perubahan pola perilaku yang tadinya positif menjadi negatif. Seseorang yang mengonsumsi minuman keras dalam hidupnya sulit mengendalikan emosinya terutama bila menghadapi masalah yang timbul dalam hidupnya.(dea)