Biasanya sebuah gedung teater berukuran besar dan mampu menampung banyak penonton bahkan hingga ratusan. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas teater yang mewah seperti panggung, lampu panggung yang berwarna-warni, alunan musik dengan suara keras memenuhi panggung, dan lain-lain. Namun apa jadinya jika teater hanya muat untuk menampung delapan orang saja dan berukuran sangat kecil?

Dikutip dari liputan6.com (Minggu, 15/6/2014), Sebuah teater di Austria bernama Kremlh of  Theater merupakan gedung teater yang mampu menampung hanya delapan orang saja. Hal ini membuat teater ini dijuluki sebagai teater terkecil di dunia.

Teater ini letaknya berada di wilayah Villach, Austria. Teater ini menampilkan berbagai pertunjukan yang menarik mulai dari opera hingga tari balet. Kremlh of  Theater hanya memiliki panggung berukuran mungil yakni hanya seluas 1,69 meter persegi saja. Bangunannya mirip seperti rumah pohon yang berdiri di atas tanah dan di di=ominasi oleh warna merah.

Teater unik dan langka ini dibangun oleh Felix Strasser dan Yulia Izmaylova pada tahun 2009. Teater ini mendapat bantuan dana dari organisasi teater der Verein zur Anregung des dramatischen Appetits (VADA) dan perusahaan drama ONEX serta Karnol. Untuk pengunjung yang ingin menonton di teater ini tidak perlu membayar tiket masuk, karena memang tidak tersedia tiket atau karcis untuk menonton. Sebagai gantinya, penonton harus melakukan donasi pada teater ini.

Pertunjukan perdana yang digelar di teater ini diselenggarakan pada tahun 2010, dengan judul “Schnee”. Pertunjukan tersebut sukses dan menerima sambutan baik dari masyarakat.

Teater ini menampilkan berbagai pertunjukan dengan berbagai koreografi, m=teater musikal untuk anak-anak dan lainnya. Selain itu pertunjukannya terdiri dari berbagai bahasa seperti Russia. Kepala teater Felix Strasser mengatakan nantinya akan ada pertunjukan dengan bahasa Slovakia dan Jerman. (dea)