Lagu Indonesia banyak kini banyak tersedia dengan beragam corak musiknya. Selain corak, para musisi itu tentunya ingin agar lagu ciptaannya terus diingat, sehingga memilih judul lagu yang tidak biasa. Berikut adalah judul lagu yang terinspirasi dari nama orang, dilansir dari Kapanlagi, Minggu (15/6/2014).

1. Sephia (Sheila On 7)

Lagu yang diciptakan oleh sang gitaris Sheila On 7, Eross ini bahkan menyimpan cerita mistis di balik pembuatannya. Ia mengaku pernah ditelepon fans bernama Sephia yang ternyata sudah meninggal akibat kecelakaan saat akan menonton salah satu konser Sheila On 7. Kejadian ini lantas membuat Eross dan kawan-kawan begidik sekaligus terharu atas kisah Sephia. Akhirnya mereka merilis lagu berjudul nama gadis itu sebagai penghormatan terhadap sang gadis.

2. Oemar Bakri (Iwan Fals)

Lagu “Oemar Bakri” ini menggambarkan bagaimana seorang guru yang jujur, pandai, dan gigih dalam mengajar hidup dalam serba keterbatasan. Menurut Iwan, banyak tenaga pengajar yang menerima ketidakadilan, dan lagu tersebut merupakan bentuk protes Iwan. Nama Oemar Bakri ini dikaitkan dengan seseorang bernama Umar Hosnol, seorang guru yang mendirikan sekolah gratis bagi mereka yang tak mampu.

3. Surti Tejo (Jamrud)

Lagu “Surti Tejo” ini menceritakan kisah cinta pasangan remaja desa yang sempat terpisah karena tuntutan pekerjaan. Setelah mereka bertemu kembali si cowok berubah jadi kekota-kotaan. Lirik dalam lagu ini pun terbilang mesum karena mendeskripsikan adegan kedua pasangan yang akan melakukan hubungan badan.

4. Sally Sendiri (Peterpan)

Lagu dari Peterpan yang sekarang menjadi NOAH ini menggambarkan bahwa suatu saat memang manusia harus berjuang dengan dirinya sendiri tanpa mengandalkan orang lain. Sosok Ariel yang mengidolakan band Oasis mungkin juga jadi alasan dipilihnya nama Sally, karena dalam salah satu lagu Oasis terdapat lirik yang menyebut Sally can wait.

5. Yolanda (Kangen Band)

Lagu yang sempat ngetop tahun 2008 ini merupakan salah satu andalan Kangen Band yang saat itu masih digawangi oleh Andika. Saking populernya lagu ini, setiap lagu sering diplesetkan dengan menambahkan kata Yolanda di tiap akhir lagu. (tom)