Sumatera Utara, tepatnya di Medan, terdapat beberapa makanan memiliki aroma dari rempahnya yang khas. Salah satu makanan itu adalah Mi Sop, atau ada juga yang menyebutnya Mi So. Meskipun memiliki nama yang mirip dengan makanan asal Jepang, yaitu miso, makanan asal khas Sumatera Utara ini tidak ada hubungannya dengan miso asal Jepang.

Miso asal Jepang adalah makanan hasil fermentasi rebusan kedelai, beras dan garam, sementara Mi So dari Sumatera Utara ini adalah makanan berupa mie yang diberi kuah sop nikmat. Dilansir dari Jejariku, Senin (16/6/2014), Mi So dibuat dengan bumbu yang khas sehingga beraroma wangi dan berasa nikmat. Beberapa bumbu untuk membuat kuah dari Mi So antara lain adalah bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe, kunyit, palaga, daun salam, kulit manis, merica, kaldu, penyedap masakan, kaldu ayam atau sapi lalu lemak lembu/sapi atau ayam. Sementara mie yang digunakan untuk Mi So ini hanya berupa perpaduan mie putih dan mie kuning, atau salah satu dari keduanya, yang sering ditemui dalam bakso kuah.

Jika kuahnya sudah siap, maka tinggal dituangkan ke dalam mangkuk berisi mie tersebut, lalu ditaburi dengan kacang goreng, bawang goreng, irisan daging ayam, daun seledri, dan kerupuk pecal yang memiliki warna abadi merah putih. Kerupuk pecal ini sering kita jumpai di beberapa masakan khas Medan.

Setelah Mi So siap dihidangkan, Anda bisa menambah mie itu dengan tambahan saus sambal, kecap atau sambal giling. Takarannya pun sesuai dengan keinginan kita, bisa sedikit atau banyak.

Mi So ini sangat cocok disantap ketika suasana mendung atau sore hari sampai ke malam hari. Karena cuaca yang mulai sejuk cocok dihangatkan dengan kuah mi sop yang harum, lejat, nikmat dan hangat. Jika Anda tertarik untuk mencoba makanan ini, tidak perlu khawatir akan sulit mencari makanan ini, karena makanan ini banyak dijual oleh pedagang yang menggunakan gerobak. (tom)