Lagu kebangsaan merupakan lagu yang diakui menjadi suatu lagu resmi dan menjadi simbol suatu negara atau daerah. Lagu kebangsaan dapat membentuk identitas nasional suatu negara dan dapat digunakan sebagai ekspresi dalam menunjukkan nasionalisme dan patriotisme.

Lagu kebangsaan bisa diakui oleh konstitusi, undang-undang, ataupun tanpa hukum resmi dari pemerintah. Lagu kebangsaan dapat digunakan untuk berbagai hal seperti dalam aktivitas olahraga antarnegara misalnya olimpiade, dalam pertandingan sepak bola seperti pada Piala Dunia FIFA, dan masih banyak lagi.

Lagu kebangsaan dimainkan dalam upacara pengibaran bendera, dan di beberapa negara, lagu kebangsaan luga dimainkan saat dimulainya dan selesainya siaran televisi.

Umumnya, sebuah upacara atau acara kenegaraan akan memutarkan lagu kebangsaan untuk memperingati hari kemerdekaan suatu negara. Di situlah, kita kerap memberi hormat atau menyanyikan lagu kebangsaan pada saat melihat bendera yang dinaikkan di tiang.

Siapa sangka? Tak hanya manusia saja yang melakan penghormatan ketika mendengar lagu tersebut. Ternyata, hewan pun juga ada yang melakukan hal tersebut. Ini pun terjadi oleh seekor kucing.

Kucing rupanya bisa merasakan jiwa patriotik dalam dirinya. Seperti kucing yang berasal dari Rusia ini. Lihat bagaimana reaksinya saat ia mendengar lagu kebangsaannya dimainkan lewat gadget dari pemiliknya.

Mendengar lagu kebangsaan Rusia itu, kucing lucu tersebut langsung menegakkan badannya. Seperti sedang mendengarkan lagu kebangsaan dengan khidmat dalam sebuah upacara. Melihat tingkahnya itu, sang pemilik pun tertawa geli.

Video lucu ini berdurasi 00:52 detik. Meski sangat singkat, namun video sang kucing patriotik tersebut sukses menarik perhatian dunia maya lewat aksinya yang memukau.

Sebenarnya video ini sudah diunggah beberapa waktu lalu dan mendapat respon hingga jutaan view. Namun sayang sang pemilik video menutup akunnya di Youtube entah karena alasan apa. (nha)