Selain bahasa Indonesia, bahasa apa lagi yang Anda kuasai baik berbicara maupun menulis? Sejumlah orang ada yang fasif berbahasa Inggris, Cina, Arab, dan lain sebagainya.

Tahukah Anda? Dengan menguasai bahasa asing maka Anda akan mendapat keuntungan besar. Mulai dari memiliki rekan lebih banyak, kemudahan saat melancong, hingga lebih baik dalam membuat pilihan.

Selain manfaat di atas, ternyata ada manfaat yang lebih besar jika fasih berbahasa asing. Kira-kira manfaat apa itu ya? Sebuah studi dari Wharton dan LECG Europe mengungkapkan bahwa mempelajari bahasa asing akan meningkatkan pendapatan rutin sebanyak dua persen lebih banyak.

Terkait hal ini, seorang penulis studi, Albert Saiz, mengatakan bahwa orang yang memiliki pendapatan tetap sebanyak US$30 ribu per tahun bisa meningkatkan gajinya sekitar US$600 dalam setahun dengan menguasai bahasa asing.

Tak hanya itu saja, ada pula beberapa kasus spesifik di mana bahasa asing yang dikuasai seseorang mampu meningkatkan kesempatan bekerja dan penghasilan yang lebih besar

Sebagai contoh, menurut Bureau of Labor Statistics, interpreter dan penerjemah berada di daftar lima teratas pekerjaan yang berkembang paling cepat. Contoh lainnya adalah anggota militer Amerika Serikat (AS) dapat menerima gaji tambahan US$1.000 per bulan apabila mereka lancar berbahasa asing.

“Dengan sejumlah kandidat yang ada, terdapat permintaan yang besar untuk karyawan profesional yang dapat berbicara bahasa-bahasa Asia terutama di perusahaan otomotif dan teknologi,” papar Charles Volkert selaku Direktur Eksekutif Robert Half, seperti dilansir laman Time, Selasa (17/6/2014)

Dengan kata lain, studi tersebut mengemukakan bahwa pendapatan premium lebih sebanyak empat persen dimiliki oleh mereka yang lancar berbahasa Jerman.

Jadi tunggu apa lagi, mulai sekarang belajar dan kuasailah bahasa asing untuk perkembangan karir dan pendapatan Anda agar lebih baik lagi. (nha)