Selain Raja Ampat, Papua juga memiliki keindahan alam lain, yaitu Danau Sentani. Danau Sentani merupakan danau terbesar di Papua dan berada di antara pegunungan Cyclops yang tak lain adalah sebuah pegunungan vulkanik.

Danau Sentani merupakan wilayah perairan yang berisi material lumpur yang berpasir atau sering disebut humus. Di permukaan airnya terkadang ditumbuhi tanaman sagu dan pandan. Di tepi danau ini terdapat sekitar 24 buah desa plus pulau-pulau kecil di tengah danau. Seperti apa keindahan Danau Sentani ini?

Bisa ditebak kalau pemandangan di danau ini sangat indah, tak kalah dengan pemandangan danau lain yang ada di Indonesia, seperti misalnya Danau Toba. Dilansir dari Yukpegi, Jumat (20/6/2014), jika Anda beruntung, Anda dapat melihat burung-burung bangau di tengah danau dan burung elang yang terlihat terbang mondar-mandir menyambar ikan yang hidup di danau. Tersedia jasa penyewaan perahu Johnson di sekitar tempat wisata ini jika Anda ingin mengelilingi danau.

Hal menarik di Danau Sentani selain pemandangannya adalah Festival Danau Sentani. Festival ini diselenggarakan secara rutin satu tahun sekali untuk menarik wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.  Festival ini menampilkan unsur-unsur budaya asli Papua pada para wisatawan yang berkunjung. Berkat adanya festival tersebut, banyak wisatawan yang penasaran dan tertarik untuk berkunjung ke Danau Sentani untuk menyaksikan keunikan budaya Papua serta keindahan alamnya yang benar-benar masih asli dan asri.

Salah satu atraksi yang dinanti dalam festival tersebut adalah Tari Perang yang dilakukan di atas perahu. Tak ketinggalan juga tarian-tarian tradisional asli Papua lainnya, yang tidak dapat ditemukan di tempat lain selain di Danau Sentani.

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Papua, selain menikmati wisata air di Raja Ampat, maka Anda juga harus berkunjung ke Danau Sentani ini, agar liburan Anda semakin lengkap. (tom)