Provinsi Jawa Timur, tepatnya di Malang, menawarkan banyak makanan khasnya, yang tentunya harus dicoba bagi para pecinta kuliner nusantara. Salah satunya adalah orem-orem.

Makanan ini dibuat dari irisan tempe goreng yang memakai ayam, setelah itu baru dimasak dengan kuah santan kental. Penyajiannya mirip seperti ketupat sayur, hanya saja di sini ketupat dicampur dengan tauge, tempe dan disiram kuah sayur santan. Kuahnya cukup pedas, dengan kecap manis dan sambal sesuai selera.

Menurut salah satu penyuka makanan orem-orem ini, orem-orem merupakan salah satu menu yang paling dicari oleh para wisatawan yang berkeinginan wisata kuliner di Malang. Dilansir dari Traveledgenepal, Jumat (20/6/2014), masakan ini mulai ada di tahun 1980-an. Biasanya dulu makanan ini hanya dimasak saat acara besar, namun kini masakan itu dapat ditemui kapan saja yang Anda inginkan.

Pada tahun 1983, masakan ini mulai dijual secara bebas dan terdapat di banyak warung tradisional dan penjual memakai gerobak dalam berjualan makanan ini. Namun hingga saat ini hanya ada empat lokasi yang dikenal di Malang yang menjual makanan ini, yaitu di Jalan Blitar, Jalan Gatot Subroto, Jl Pasar Comboran dan di Songosari Malang.

Untuk bisa mencicipi makanan ini tidak terlalu mahal, melainkan cukup murah, tergantung isi makanan yang Anda pesan. Jika Anda memesan makanan ini dengan memakai ayam, harganya Rp 8 ribu. Sementara jika Anda memesan makanan ini dengan memakai telur, maka harganya hanya Rp 7 ribu per porsi. Karena dimasak dengan menggunakan arang, maka bara apinya tak akan mempengaruhi aroma bumbu. Dengan mudah dan enaknya rasa makanan ini, tak berlebihan jika para penikmatnya tidak hanya dari Malang.

Tertarik mencobanya? Maka Anda bisa coba mengunjungi Warung Orem-Orem Khas Arema di Malang. (tom)