Apakah Anda tipe orang yang tergolong bersifat narsis dalam berperilaku? Memang tak salah jika seseorang narsis dalam melakukan segala sesuatu. Meski begitu, tak jarang kenarsisan kerap dibully oleh beberapa orang.

Kini, Anda tak perlu khawatir dibully saat bersikap narsis. Belum lama ini, sebuah studi yang dilakukan di University of British Columbia, menyatakan bahwa pribadi narsis rupanya lebih baik saat melakukan wawancara pekerjaan dibandingkan mereka yang rendah hati.

Tak hanya itu, studi yang dipimpin oleh Del Paulhus, selaku profesor psikologi di UBC mengatakan kandidat dari negara-negara dengan budaya rendah diri seperti Jepang, Korea dan Tiongkok cenderung mendapatkan hasil buruk pada wawancara pekerjaan.

Meski demikian, dalam jangka panjang ternyata tidak ada orang yang senang bekerja bersama mereka yang memiliki pribadi narsis. Hal ini karena mereka cenderung menonjolkan diri dalam pembicaraan dan ingin orang lain mengagumi mereka serta sering mengabaikan opini rekan kerjanya.

“Jika Anda memiliki pribadi yang rendah hati, Anda mungkin harus mencoba menjadi seseorang yang narsis dalam sehari dan belajar mempromosikan diri sendiri walaupun Anda tidak nyaman dengan hal tersebut,” ucar Paulhus, seperti dilansir dari laman CBC, Jumat (20/6/2014)

Adapun alasan seseorang yang narsis dapat lebih mudah diterima kerja yaitu lantaran mereka cenderung percaya diri saat menguraikan tujuan hidup dan cita-cita mereka.

Selain itu, studi yang dipublikasikan di Journal of Applied Social Psychology menjelaskan mereka pun akan lebih santai menjawab pertanyaan dan melakukan kontak mata  â??Mereka biasanya juga sangat nyaman saat mempromosikan diri sendiri,” tambah Paulhus.

Studi ini telah melibatkan video wawancara pekerjaan sebanyak 72 orang. Para responden kemudian dites untuk menentukan kualitas narsis mereka menggunakan kuesioner narcissistic personality inventory. (nha)