Seperti dikabarkan sebelumnya, rumah mendiang Ustad Jeffry Al Buchory terbakar pada hari Jumat pukul 3 dini hari. Karena peristiwa kebakaran itu, Pipik Dian sang istri dari Ustad Jeffry Al Buchory atau Uje dikabarkan akan menjual rumahnya tersebut.

Ketika ditanya mengenai kebenaran dari kabar tersebut, Pipik menjawab kalau dirinya memang berniat untuk menjual rumahnya itu, namun alasan dijualnya rumah itu bukanlah karena kebakaran yang melandanya, melainkan salah satu bagian dari rencana yang disusun saat Uje masih ada.

“Dua tahun lalu memang mau pindah kan. Dulu saya sama Uje mau buat istana yatim, cuma ini sudah jalannya Allah. Kami memang mau rencana jual rumah ini,” kata Pipik saat ditemui di kediamannya Perumahan Bukit Mas, Bintaro, Jakarta Selatan, seperti dilansir dari Liputan6, Sabtu (21/6/2014).

Jika rumah itu nantinya berhasil terjual, Pipik kemudian akan membangun sebuah istana, yang diperuntukkan bagi anak-anak yatim piatu. Istana tersebut menurut Pipik akan memiliki fasilitas yang cukup lengkap, yang tentunya akan membuat anak yatim piatu itu nyaman di istana tersebut.

“Kami mau bangun rumah untuk anak-anak yatim yang biasa kami santuni, ada taman bacaannya. Itu keinginan saya sama almarhum,” ujar janda beranak empat ini. “Dengan ada kejadian ini saya ambil hikmah, mungkin Allah ingin memberikan tempat yang baik buat saya sama anak-anak saya. Tawakal saja dan menikmati saja sekarang,” tuturnya.

Dalam peristiwa kebakaran itu, ada hal yang cukup unik. Jika setelah kebakaran semua barangnya habis terbakar, ada satu barang yang tidak ikut terbakar, yaitu sebuah foto Uje dan gurunya. Pipik dan anak keduanya juga membenarkan hal tersebut. “Ada foto beliau (Uje) satu sama bapak itu (guru Uje) berdua yang selamat. Fotonya nggak terbakar, yang lainnya sudah,” ucap Pipik.

Anak kedua Pipik, Muhammad Abidzar Al Ghifari atau Abi, juga mengatakan, “Aku lihat sih, foto guru almarhum juga masih utuh. Padahal itu deket sama api,” kata Abi. (tom)