Tentunya Anda sudah mengenal kue donat. Kue yang khas dengan bolongan di tengah ini memang merupakan salah satu makanan yang cukup populer. Bahkan di Indonesia sendiri, makanan ini merupakan makanan yang cukup merakyat. Tak hanya di Indonesia, donat juga terdapat di negara-negara lain, dan beberapa di antaranya cukup unik. Berikut adalah beberapa donat unik dari seluruh dunia, dilansir dari Vemale, Sabtu (21/6/2014).

1. Doubutsu Doonatsu (Jepang)

Doubutsu Doonatsu
Doubutsu Doonatsu

Bentuk dari donat ini mirip donat biasa, namun dihias dengan topping manis, serta dibuat sedemikian rupa hingga menyerupai bentuk hewan. Sesuai dengan namanya, Doubutsu Doonatsu yang berarti Donat Hewan, donat ini menyediakan berbagai macam bentuk hewan yang lucu dan menggemaskan.

2. Bombolone (Italia)

Bombolone
Bombolone

Donat yang satu ini mirip donat dengan isi. Memang sekilas tidak ada bedanya dengan donat isi, karena tekstur dan rasanya hampir sama. Yang membedakannya mungkin hanya cara membuatnya saja. Isi dari Bombolone ini adalah krim kental manis, mirip kue sus, di atasnya diberi taburan gula bubuk.

3. Munkki (Finlandia)

Munkki
Munkki

Berbeda dengan donat yang teksturnya basah dan empuk,  donat dari Finlandia bernama Munkki ini bertekstur sedikit keras. Donat ini memiliki tekstur yang lebih tebal dibandingkan dengan donat Amerika biasa. Biasanya donat ini juga diberikan taburan gula bubuk.

4. Sfenj (Maroko)

Sfenj
Sfenj

Donat ini tidak terlihat berbeda dengan donat lainnya, yang khas dengan bolongan di tengahnya. Yang berbeda adalah cara penyajiannya. Bila donat biasanya diberi lapisan, Sfenj disajikan polos atau hanya diberi taburan gula halus tipis.

5. Sufganiyot (Israel)

Sufganiyot
Sufganiyot

Donat yang satu ini juga mirip dengan donat isi, hanya saja lapisan rotinya lebih tebal dan padat. Isi dari Sufganiyot biasanya selai atau jelly rasa buah. Kadang, bagian atasnya ditaburi gula halus tipis. (tom)