Anda mungkin sudah mengenal dan tidak asing lagi dengan mainan boneka yang bernama Barbie. Sejak kemunculannya pada tahun 1959 silam hingga kini, sosok Barbie identik dengan boneka yang sangat feminin. Sejak itu pula ada lebih dari 150 pekerjaan yang ditampilkan dalam seri-serinya, mulai dari model, balerina, pramugari, perawat hingga penjual es krim.

Bisa dilihat, kalau boneka Barbie selalu menggunakan kostum yang feminin dan cewek banget. Namun kini, perusahaan Mattel mulai mengikuti perkembangan karir wanita di dunia. Dilansir dari wired.com, Minggu (22/6/2014), baru-baru ini Barbie meluncurkan seri terbarunya, yaitu Enterpreneur Barbie, alias Barbie Wanita Karier.

Dengan semakin banyaknya wanita yang menapaki karir sebagai seorang enterpreneur, Barbie pun tak mau ketinggalan. Bahkan boneka Barbie dalam seri tersebut, yang akan dijual melalui situs jual beli dunia, Amazon, hadir lengkap dengan ponsel pintar dan tablet sebagai aksesorisnya.

Dalam pembuatan boneka Barbie seri ini, Mattel bekerjasama dengan delapan orang enterpreneur wanita yang disebut “Chief Inspirational Officers.” Reshma Saujani, pendiri Girls Who Code (sebuah organisasi non profit yang memperjuangkan kesetaraan gender bagi pekerja-pekerja wanita) mengungkapkan, “Kita hidup dalam budaya dimana wanita didesak dengan gambaran pekerjaan yang identik dengan gender. Teknisi dan programmer, umumnya digambarkan sebagai pekerjaan pria. Jika seorang wanita mengatakan ia adalah programmer, banyak yang beranggapan ia adalah seorang ‘geek’.”

Namun anggapan itu kini telah berubah, karena wanita pun bisa bekerja dibalik komputer ataupun mengerjakan hal-hal dinamis dan kreatif tanpa kehilangan sisi femininnya. Karena itu, slogan untuk Enterpreneur Barbie kali ini adalah: “If you can dream it, you can be it.” (Jika Anda bisa memimpikannya, maka Anda bisa mewujudkan mimpi Anda itu”.

Seperti apakah wujud dari Barbie sebagai wanita karier ini? Anda bisa lihat pada foto di bawah ini. (tom)