Semakin tua, kemampuan otak manusia semakin menurun. Karena itu tak heran semakin bertambah umur, banyak orang yang terkena penyakit pikun, bahkan lebih parah lagi terkena demensia atau alzheimer. Namun tak hanya pertambahan usia saja yang memengaruhi penurunan kemampuan otak, diet dan pola makan tidak teratur pun bisa menjadi salah satu penyebabnya. Gaya hidup sehat dan sering berolahraga sebaiknya dilakukan agar kemampuan otak tetap baik.

Dikutip dari merdeka.com (Minggu, 22/6/2014), terdapat tiga makanan super yan mampu mencegah penurunan kemampuan otak. Apa saja itu?

1. Minyak Kelapa

Minyak Kelapa
Minyak Kelapa

Meski banyak yang bilang minyak kelapa mengandung banyak lemak, namun di dalam minyak ini juga terdapat nutrisi penting untuk otak. Karena kandungan MCT (medium-chain triglucerides)  yang ada di dalamnya mampu menjaga kesehatan otak. Pastikan Anda mengonsumsi minyak kelapa organik dan murni.

2. Brahmi

Brahmi
Brahmi

BRahmi mungkin masih terdengar asing bagi masyarakat Indonesia. Brahmi merupakan tanaman herbal yang biasa digunakan untuk pengobatan di India dan diketahui bisa menyembuhkan masalah kesehatan yang berkaitan dengan kognitif seperti epilepsi, atau penyakit lainnya seperti sariawan dan penyakit asma. Selain itu juga bagus untuk mencegah penyakit yang ada hubungannya dengan penurunan daya ingat pada manula seperti alzheimer dan kepikunan.

3. Walnut

Walnut
Walnut

Kacang walnut ini memiliki efek seperti tomat untuk masalah jantung, bawang putih yang bermanfaat untuk sel darah dan wortel untuk mata. Penelitian di Inggris menunjukan bahwa mengonsumsi walnut selama dua bulan dalam takaran setengah cangkir setiap hari mampu meningkatkan kemampuan berpikir otak. Karena walnut mengandung asam lemak Omega 3, vitamin E, dan antioksidan.

Mengonsumsi makanan di atas dapat membantu pencegahan kepikunan dan penurunan daya ingat apalagi saat memasuki usia tua. Jagalah selalu kesehatan otak agar seluruh fungsi tubuh dapat berjalan normal.(dea)