Hewan laut merupakan salah satu kuliner favorit warga Indonesia. Banyak restoran-restoran atau warung pinggir jalan yang menyediakan menu seafood atau berbahan dasar hewan laut. Salah satu yang menjadi favorit adalah olahan cumi-cumi. Cumi memiliki rasa yang lezat dan nikmat. Pecinta seafood pasti setuju bahwa cumi-cumi membuat ketagihan dengan kuliner olahan hewan bertinta ini.

Salah satu restoran di daerah Sagan, Jogja, mengolah menu cumi menjadi menu pilihan pengunjung. Pasalnya cumi yang satu ini diolah dengan berbeda, cumi ini memiliki nama Cumi Telor Asin khas Sagan Resto.

Dikutip dari liputan6.com (Minggu, 22/6/2014), menurut Pipit sang manager operasional Sagan resto menu Cumi Telur Asin menjadi salah satu menu andalan Sagan Resto di antara 60 menu makanan lainnya. Perpaduan cumi dan telur bebek menghasilkan rasa yang begitu nikmat di lidah.

Menurut Pipit, kekuatan menu yang satu ini terletak dari telur bebek yang diambil langsung dari oeternak karena masih segar, berbeda dengan telur bebek yang harus diambil melalui suplier atau pasar. Selain itu cumi-nya juga masih fresh karena diambil langsung dari nelayan penangkap cumi. Ciri cumi yang masih segar bisa terasa jika dimakan akan terasa alot, cumi yang seperti itulah yang menandakan bahwa cumi itu masih fresh diambil langsung dari nelayan.

Cumi Telur Asin adalah cumi yang telah dibalut tepung dan diberi lapisan telur bebek. Rasa yang ditimbulkan dari perpaduan ini adalah rasa yang lebih durih dan crunchy, ketika dikunyah.

“Bedanya kita langsung ambil dari para peternak. Jadi akan pengaruhi rasa cumi yang sudah diberi tepung. Beda banget rasanya,” ujar Pipit.

Harga yang ditawarkan di resto ini cukup terjangkau yakni mulai dari Rp 20.000 untuk makanan dan Rp 5.000 untuk minuman. Tertarik untuk berkunjung ke Sagan Resto? (dea)