Tren yang terjadi di dunia maya alias internet biasanya cukup berbeda dengan tren yang terjadi dunia nyata. Sudah pasti kalau tren di internet biasanya lebih unik dan aneh. Seperti halnya tren internet yang terjadi di Tiongkok ini.

Penduduk Tiongkok kini tampaknya sedang demam melakukan pose kaki senapan. Pose seperti apa itu? Ternyata pose kaki senapan itu adalah pose seperti sedang mengintai dengan senapan laras panjang namun kali ini diganti dengan kaki. Caranya Anda mengangkat lutut hingga menyentuh wajah dan memanjangkan tungkai seperti moncong senapan. Mungkin sangat mudah bagi anak-anak tapi tidak bagi orang dewasa yang ototnya sudah kaku.

Dilansir dari Rocketnews24, Senin (23/6/2014), tren ini dimulai dari tiga orang penari asal Tiongkok yang menggunakan kakinya sebagai ganti senapan. Kabarnya, gerakan kaki senapan itu merupakan salah satu dari pertunjukan tari, namun beberapa orang dalam membantah ada gerakan seperti itu di pertunjukan seni tari yang mereka lakukan. Sementara itu situs BBC menyebutkan tren ini dimulai dari seniman bernama Ai Wei Wei.

Pekan lalu, Ai Wei Wei mengunggah fotonya yang sedang duduk sambil melakukan pose kaki senapan di Instagram miliknya, dengan keterangan “Beijing Anti-Terrorism Series”. Sesuai keterangan tersebut, dia melakukannya sebagai kampanye anti terorisme dan mengkritik tindakan kekerasan serta keamanan. Akhirnya aksi itu diikuti follower-nya dengan hashtags #endgunviolence #gunleg #gunviolence hingga mencapai 10 ribu foto.

Meski demikian, tak bisa disangkal kalau pose tersebut kini sedang menjadi tren di Tiongkok, terutama di situs Twitter versi Tiongkok, yaitu Weibo. Satu-satunya hal yang masih belum bisa dipastikan adalah pose tersebut memang berasal dari aksi protes, atau memang dibuat hanya untuk lucu-lucuan saja. (tom)