Jika biasanya penyanyi rap identik dengan seorang pria berkulit hitam, maka tidak demikian halnya dengan gadis yang satu ini. Gadis ini mampu menanyi rap, dan uniknya, gadis ini juga berhijab.

Mayam Mahmoud, nama gadis berhijab itu, tampil ke atas panggung di sebuah ajang pencarian bakat “Arabs Got Talent” di Mesir. Awalnya tidak ada yang menyangka apa yang akan dia lakukan di atas panggung. Begitu dirinya mulai menyanyi rap dengan hentakan musik yang cukup keras, para juri dan penonton pun terbengong-bengong sekaligus terpikat.

Jelas saja, penampilan gadis berusia 18 tahun itu menjadi pembicaraan banyak orang, karena hal tersebut sangat langka terjadi di Mesir. Yang lebih menarik perhatian adalah lirik lagu rap yang dibawakannya ketika itu. Dilansir dari edition.cnn.com, Senin (23/6/2014), lirik lagu Mayam menekankan pentingnya pendidikan untuk para wanita dan juga tentang pelecehan seksual yang masih sering dialami oleh para wanita Mesir. “Tujuannya bukanlah naik ke atas panggung dengan memakai kerudung,” ungkap Mayam. “Tujuannya adalah naik ke atas panggung dan menyebarkan sebuah pesan. Para wanita Mesir mengalami pelecehan dan penindasan setiap harinya.”

Mayam memilih hip hop karena musik ini menyediakan ruang untuk berekspresi. Musik hip hop juga memberi kesempatan bagi semua orang untuk menunjukkan masalah yang sedang terjadi. Dalam salah satu lirik lagunya, Mayam mengungkapkan bahwa feminitas itu bukan sekadar pakaian yang disandang. Feminitas itu lebih kepada kecerdasan dan intelektualitas yang dimiliki.

Gadis yang saat ini sedang menempuh pendidikan di jurusan politik dan ilmu sosial ini juga menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berbicara kepada para wanita yang mau membagikan cerita tentang diskriminasi yang pernah dialami. Dari kisah para wanita itu, Mayam bisa mengambil inspirasi untuk membuat lirik-lirik lagu.(tom)