Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari, semua umat muslim di dunia sudah siap menyambut datangnya bulan penuh berkah ini. Sebelum melaksanakan puasa seorang muslim diharuskan sahur agar staminanya bisa terjaga seharian. Namun, walau begitu mungkin sebagian dari Anda ada yang mudah cepat lelah dan kurang berstamina. Apakah menu makan sahur Anda sudah benar?

Untuk Anda yang mudah lelah saat menjalankan ibadah puasa, ada lho makanan yang bermanfaat untuk badan tetap bugar saat berpuasa. Dikutip dari dream.co.id (Rabu, 25/6/2014), berikut ini lima makanan untuk tetap fit saat puasa.

1. Kurma

Kurma
Kurma

Makanan yang satu ini memang tidak diragukan lagi untuk menjaga tubuh orang yang berpuasa. Kandungan air dan gula yang terdapat di dalam kurma sangat mencukupi untuk menjaga daya tahan orang yang sedang puasa. Semasa hidupnya Rasulullah  SAW pun mengonsumsi kurma dengan mentimun, mentega, roti, atau krim.

2. Gandum

Gandum
Gandum

Gandum memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan kadar gilkemik yang sangat rendah, mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama. Gandum juga merupakan salah satu dari lima makanan tersehat untuk dikonsumsi.

3. Madu

Madu
Madu

Madu memiliki banyak manfaat positif bagi tubuh, madu berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sebagai anti inflamasi dan sumber energi. Rasanya yang manis membuat madu kerap digunakan sebagai pengganti gula dan biasanya dihidangkan sebagai tambahan susu, teh, atau jus.

4. Anggur dan Kismis

Anggur
Anggur

Anggur memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan kaya akan resberatrol, kandungan flavanoudnya juga berfungsi menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Sedangkan, kismis merupakan anggur yang dikeringkan biasa digunakan sebagai campuran kue.

5. Talbinah

Gandum dan Susu
Gandum dan Susu

Talbinah merupakan masalakn khas Timur Tengah, ini merupakan sejenis bubur yang menggunakan campuran gandum dan susu. Selama bulan Ramadhan, gandum biasa digunakan untuk bahan baku sup atau kaldu yang berfungsi meningkatkan energi.(dea)