Ketika tinggal di negeri orang, tentu kita akan kesulitan dalam mencari makanan khas Indonesia khususnya yang berlabel halal. Tak semua negara menyediakan makanan halal, jika ada pasti jumlahnya sedikit dan sangat sulit menemukannya. Namun masalah tersebut kini bisa diatasi dengan sebuah aplikasi karya anak negeri. Aplikasi apakah itu?

Aplikasi tersebut bernama HalalMinds. Aplikasi ini berfungsi membantu kaum muslimin untuk mencari bahan makanan halal. HlalMinds sudah tersedia untuk OS Android dan sementara hanya tersedia di wilayah Jepang dimana penduduk muslimnya berjumlah sebanyak 0,1 persen atau sekitar 150 ribu orang.

Pembuat aplikasi bermanfaat ini adalah mahasiswa program doktor asal Indonesia di Universitas Kyushu Fukuoka bernama Agung Prambudi. Sebagai seorang pendatang dan beragama Islam, Agung merasa kesulitan untuk mencari makanan dan minuman halal di Jepang. Seringkali, Agung dan teman-temannya harus membuang banyak waktu untuk mencari produk halal di negeri Sakura. Namun ternyata tekanan yang dialami tak selamanya buruk, Agung malah menemukan sebuah gagasan. Ia melihat peluang bisnis besar pada aplikasi mobile dan jika digarap serius akan menghasilkan pundi-pundi uang. Lalu terciptalah HalalMinds.

Selain bisa mencari tahu bahan makanan dan minuman halal, aplikasi ini pun bisa mencari restoran dan tempat makan halal di Jepang, arah kiblat dan kutipan Al-Quran sehari-hari pun tersedia di aplikasi ini.

Aplikasi ini memiliki pangsa pasa yang potensial. Hampir 1,2 juta penduduk muslim mengunjungi Jepang setiap tahunnya, apalagi kini negara Indonesia bebas visa untuk bisa mengunjungi Jepang. Mereka adalah target yang potensial pengguna aplikasi ini. HalalMinds bisa berpotensi dipakai secara internasional seperti Muslim Pro buatan Bitsmedia Singapura yang telah diunduh sebanyak 10 juta kali dengan hampir