Semua pasti setuju bahwa smartphone kini sudah menjadi bagian dari hidup kita. Benda canggih yang mudah dibawa-bawa kemana-mana ini telah mengubah hidup kebanyakan orang hingga sehari tanpa smartphone saja hidup kita terasa hampa. Namun tahukah Anda bahwa benda yang satu ini bisa jadi sarang bakteri?

Dikutip dari merdeka.com (Rabu, 25/6/2014), penelitian terbaru mengungkapkan smartphone merupakan salah satu sarang bakteri dari tubuh manusia. Uniknya lagi, bakteri pada tiap ponsel pintar ini berbeda-beda tergantung si pemakainya.

Dalam tubuh manusia terdapat triliunan mikroorganisme yang hidup, termasuk di dalamnya adalah baktri. Beberapa bakteri ada yang merugikan bagi kesehatan ada pula yang berguna untuk tubuh. Dalam penelitian tersebut diungkap bakteri tersebut tak hanya menempel dalam tubuh manusia, tetapi juga akan menempel ponsel pintar penggunanya.

Hasil ini diperoleh setelah melakukan pengamatan terhadap 17 orang dan smartphone yang dimiliki. Kemudian peneliti meneliti jenis bakteri yang ada di tangan partisipan dengan bakteri yang ada pada layar ponsel mereka. Hasilnya sebanyak 82 persen, bakteri yang ada di jari pastisipan dengan yang ada di ponsel memang sama. Hal ini lebih kuat pada pengguna ponsel wanita dibandingkan pengguna ponsel pria. Penelitian dari University of Oregon ini memang masih berskala kecil namun dapat mengungkap sebuah fakta baru yang unik.

“Proyek ini cukup mengungkap hal menarik yang kita butuhkan. Kami tertarik dengan kemungkinan bahwa nantinya kita bisa memonitor kesehatan diri kita melalui kontak dengan lingkungan atau benda yang terdekat dengan kita,” kata James Meadow yang merupakan ketua peneliti.

Dengan adanya penelitian ini peneliti berharap dapat mengetahui tingkat kesehatan pengguna martphone, apakah seseorang tersebut terkena penyakit yang berbahaya atau tidak dengan melihat perkembangan mikroorganisme yang berkembang bersamaan penggunan ponsel pintar tersebut.(dea)