Menjadi seorang selebritis tentunya akan dikenal oleh banyak orang. Ketenaran seleb itu terkadang menjadi bahan penelitian untuk beberapa orang. Berikut ini ada 5 seleb dunia yang dijadikan mata kuliah di beberapa universitas di Amerika Serikat, dilansir dari Click on Detroit, Kamis (26/6/2014).

1. Miley Cyrus

Miley Cyrus
Miley Cyrus

Penyanyi kontroversial Miley Cyrus ternyata dijadikan mata kuliah di Skidmore College yang terletak di Saratoga Springs, New York. Mata kuliah yang membahas Miley Cyrus itu bernama “The Sociology of Miley Cyrus: Race, Class, Gender and Media”. Institut yang berfokus pada ilmu liberal arts ini berpendapat bahwa banyak sekali hal yang bisa dipelajari tentang kebudayaan pop zaman sekarang dari sosok Miley Cyrus, seperti perubahannya dari gadis lugu menjadi gadis liar.

2. Beyonce

Beyonce
Beyonce

Untuk mata kuliah mengenai Beyonce, Anda bisa menemukannya di Rutgers University, New Jersey. Profesor Kevin Allred dari Rutgers University sendiri yang akan mengajar mata kuliah ini nanti. Menurut sang profesor, ada fenomena politik seksual yang ditampilkan oleh seorang Beyonce, yang memang menjadi contoh tepat untuk slogan ‘sex sells‘.

3. Oprah Winfrey

Oprah Winfrey
Oprah Winfrey

Oprah pernah dijadikan mata kuliah di Universitas Illinois. Saat itu Oprah dijadikan bahan untuk kelas seminar yang hanya ada satu semester saja, dan diberi tajuk kuliah “History 298: Oprah Winfrey–The Tycoon”. Pembahasan mata kuliah ini difokuskan untuk membahas bagaimana sosok Oprah Winfrey memberikan pengaruhnya pada sejarah ekonomi dan politik orang-orang African-American di Amerika Serikat.

4. Jay Z

Jay Z
Jay Z

Tak hanya sang istri, sang suami dari Beyonce, yaitu Jay Z juga pernah dijadikan mata kuliah. Mata kuliah mengenai Jay Z diberikan di Georgetown University dengan nama mata kuliahnya “Sociology of Hip-Hop Urban Theodicy of Jay-Z”. Mata kuliah ini memang akan membahas bagaimana budaya hip-hop dari orang ras African-American mempengaruhi dunia.

5. Lady Gaga

Lady Gaga
Lady Gaga

Tingkah kontroverisal Lady Gaga membuat University of South Carolina kemudian terinspirasi untuk membuat kelas khusus yang mempelajari fenomena Lady Gaga ini dari sudut pandang sosiologi, dengan judul mata kuliah “Lady Gaga and the Sociology of Fame”. Mata kuliah ini akan berfokus pada pembahasan budaya pop, musik, dan ketenaran, dengan data yang diambil dari lagu, aksi panggung, dan video klip dari Lady Gaga. (tom)