Di antara film-film yang beredar, beberapa di antaranya ada yang dilabeli “berdasarkan kisah nyata”. Memang benar film-film tersebut ada yang berdasarkan kisah nyata, namun ada juga yang hanya dilabeli “berdasarkan kisah nyata” hanya untuk keperluan marketing saja. Berikut adalah beberapa film yang dilabeli berdasarkan kisah nyata, padahal sebenarnya tidak, dilansir dari What Culture, Kamis (26/6/2014).

1. The Strangers

Adegan film The Strangers
Adegan film The Strangers

Film thriller ini dirilis pada tahun 2008 dan dibintangi oleh aktor dan aktris yang namanya cukup besar seperti Liv Tyler, Scott Speedman, dan Gemma Ward. Walaupun dilabeli “berdasarkan kisah nyata”, yang dialami oleh sang sutradara, Bryan Bertino, pada kenyataannya tidak ada satu pun pengalaman yang dialaminya tersebut berhubungan tentang pembunuh psikopat seperti yang ada pada film.

2. Texas Chainsaw Massacre

Adegan film Texas Chainsaw Massacre
Adegan film Texas Chainsaw Massacre

Film thriller ini awalnya dibuat pada ahun 1974, dan dibuat ulang pada tahun 2003. Film ini memang terinspirasi oleh Ed Gein, sang pembunuh berdarah dingin yang menggemparkan dunia di tahun 40-an dan 50-an, namun cerita pada film sama sekali tidak ada hubungannya dengan kisah pembunuhan oleh Ed Gein.

3. Flight

Adegan film Flight
Adegan film Flight

Film tentang tragedi kecelakaan pesawat ini memang terinspirasi dari kecelakaan pesawat tragis yang terjadi pada Alaska Airlines Flight 261 di tahun 2000. Dalam film diceritakan sang pilot berhasil selamat, padahal kenyataannya tidak ada yang selamat dari kecelakaan tersebut.

4. The Perfect Storm

Adegan film The Perfect Storm
Adegan film The Perfect Storm

Film ini dibuat berdasarkan novel terkenal karya Sebastian Junger dengan judul yang sama, yang berkisah tentang sekumpulan nelayan yang harus melawan badai topan ketika sedang berlayar dengan kapal bernama Andrea Gail. Nama-nama tokoh utama yang ada di film ini memang merupakan nama-nama korban kapal “Andrea Gail” yang asli, namun selain nama nelayan, sisanya adalah fiksi belaka.

5. A Beautiful Mind

Adegan film A Beautiful Mind
Adegan film A Beautiful Mind

Film ini menceritakan tentang John Forbes Nash, seorang jenius matematika yang terobsesi dengan pemecahan kode untuk lembaga intelijen pemerintah, yang juga mengalami gangguan psikologis semacam skizofrenia. Aslinya, Nash hanya mendengar suara-suara saja, bukan halusinasi seperti orang gila, sebagaimana yang diceritakan dalam film.

6. Braveheart

Adegan film Braveheart
Adegan film Braveheart

Dikisahkan dalam film, Isabelle of French, menjalin cinta dengan William Wallace, yang diperankan oleh Mel Gibson. Padahal pada kisah nyatanya, mereka berdua malah tidak pernah sempat bertemu. Selain itu, pakaian dan peralatan perang yang digunakan oleh pasukan William Wallace sangat tidak sesuai dengan kondisi sesungguhnya di tahun 1300-an.

7. The Pursuit of Happiness

Adegan film The Pursuit of Happiness
Adegan film The Pursuit of Happiness

Cerita tentang ayah dan anak yang berjuang melawan kemiskinan di Amerika Serikat ini sukses membuat penontonnya terharu. Namun, Will Gardener, sang karakter utama, ternyata tidak sebaik yang digambarkan di film. Will aslinya adalah seseorang yang menyebalkan dan begitu arogan. Dia tidak pintar, hanya oportunis. Dia juga sering melakukan kekerasan rumah tangga pada sang istri, dan itulah yang sesungguhnya membuat rumah tangga mereka hancur. (tom)