Selain memiliki aneka ragam makanan, Bogor yang dikenal sebagai kota hujan ini juga memiliki beraneka macam minuman segar yang bisa Anda coba untuk menghilangkan dahaga Anda. Salah satunya adalah es pala Bogor. Konon, minuman es pala ini sudah ada sejak masa penjajahan Belanda.

Kesegaran minuman ini sangat disukai oleh para penjajah Belanda ketika itu. Tak hanya itu, karena bahan dan cara pembuatannya yang mudah, minuman ini juga cukup terkenal di kalangan masyarakat setempat. Minuman tradisional khas Bogor ini terbuat dari buah pala yang diiris-iris, gula pasir, dan ditambah dengan sedikit garam.

Semua bahan-bahan tersebut direbus dan kemudian ditambah es batu sebelum disajikan. Karena bahan utama dari minuman ini adalah buah pala segar, maka minuman ini juga mempunyai aroma yang harum. Tidak hanya itu saja, sari buahnya juga sangat segar sehingga minuman ini sangat cocok jika diminum saat cuaca sedang panas.

Dilansir dari Yukpegi, Jumat (27/6/2014), selain menyegarkan, minuman es pala Bogor ini juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Pala yang memiliki nama ilmiah Mrystica fragrans ini telah dipercaya sejak dulu sebagai obat untuk melancarkan pencernaan, mengatasi insomia, mengatasi mual, dan mengatasi nyeri saat datang bulan. Selain itu, buah yang banyak dijumpai di Maluku ini juga biasa digunakan untuk menyedapkan masakan.

Seiring berkembangnya zaman, es pala Bogor pun diproduksi secara modern. Banyak es pala siap saji dapat dijumpai dengan mudah di berbagai supermarket. Walaupun demikian, Anda masih tetap mampu menikmati kesegaran asli dari minuman khas Bogor ini yang dibuat dengan cara tradisional.

Bagi Anda yang ingin mencicipi kesegaran minuman ini, Anda bisa mengunjungi Es Mangga dan Pala Aming yang ada di Jl Suryakencana. Tempat ini menyediakan es pala dengan rasa yang alami karena dibuat tanpa menggunakan pewarna ataupun pemanis buatan. (tom)