Siapa yang tak mengenal Michael Jackson? Michael Jackson merupakan penyanyi sekaligus penulis lagu asal Amerika Serikat. Ia terkenal sebagai the “King of Pop” dan memopulerkan gerakan dansa “Moonwalk” yang telah menjadi ciri khasnya.

Pasca kematiannya yang sudah berselang lima tahun silam, karya Michael pun masih dicintai dan dikenang oleh penikmat musik dunia. Sebagaimana diketahui, Michael menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 50 tahun.

Untuk mengenang lima tahun kepergiannya, beberapa musisi pun memberikan penghormatan bagi Michael. Dalam acara Tribute to Michael Jackson beberapa hari lalu yang diadakan di London, Inggris, telah diumumkan penjualan single King of Pop tersebut terjual sebanyak 4 juta kopi sejak kematiannya.

“Penggemarnya di Inggris telah mengunduh empat juta kopi single sejak kematiannya pada 2009. Michael Jackson meninggalkan warisan melalui musik,” ujar perusahaan The Official Charts, seperti dilansir dari Hollywood Reporter, Jumat (27/6/2014).

Tak hanya itu, menurut data yang diperoleh perusahaan The Official Charts, dalam waktu lima tahun terakhir lebih dari 3,8 juta keping album Michael pun sudah diborong oleh para penggemarnya di Inggris.

Penjualan album ini termasuk dua album bertajuk Michael dan Xscape yang dirilis pasca kematiannya. Kedua album Michael itu pun berhasil masuk ke dalam jajaran tangga album 10 besar di Billboard 200.

Tak tanggung-tanggung, single bertajuk Man In The Mirror yang terdapat dalam album Bad tercatat sudah diunduh sebanyak 413.000 kali selama lima tahun terakhir.

Terkait hal ini, Epic Records selaku label rekaman yang menaungi mendiang Michael telah mengeluarkan album Xscape yang dirilis pada 13 Mei 2014. Adapun album tersebut berisi lagu-lagu yang belum pernah diperdengarkan sebelumnyas seperti Beat It, Billy Jean, Bad, Smooth Criminal, Man In The Mirror dan The Way You Make Me Feel.