Lipstik bisa mengubah penampilan wanita menjadi cantik. Membuat bibir yang tadinya tampak kurang segar menjadi lebih segar dan menggemaskan. Mewarna wajah yang kusam menjadi enak dilihat. Selain itu, lipstik juga bisa menjadi aksesoris bagi wajah, tanpa harus membuat Anda bingung memilih aksesoris. Selain itu, ada juga wanita yang lebih percaya diri keluar rumah jika menggunakan lipstik.

Meski demikian, di masa seperti sekarang ini, di mana banyak orang menghalalkan segala cara agar bisa untung, banyak bahan-bahan berbahaya yang dimasukkan dalam lipstik tanpa memikirkan akibat yang bisa dirasakan oleh para konsumennya. Lipstik dengan merk abal-abal dan tanpa ijin adalah yang paling harus diwaspadai karena bisa membawa beranekaragam kerugian bagi kesehatan Anda.

Dilansir Sheknows.com, Jumat (27/6/2014), fakultas kedokteran University of California-Berkeley School menyatakan ada lipstik yang di dalamnya terkandung kadmium, yang merupakan zat beracun dan disebut sebagai salah satu dari penyebab gagal ginjal. Para ilmuwan menemukan jejak logam berbahaya ini pada 32 merk lipstik dan lip gloss.

Memang hampir semua lipstik menyimpan bahan logam dan mineral, hanya saja bahan logam dan mineral itu telah disesuaikan, sehingga aman untuk digunakan. Jumlah logam yang melebihi batas standard dapat menyebabkan penyakit berbahaya bagi kesehatan Anda.

Agar Anda terhindar dari bahaya lipstik abal-abal, maka Anda disarankan untuk memilih lipstik yang sudah jelas merk dan kualitasnya. Selain itu, Anda juga harus mencari tahu bahan-bahan dasar dari produk lipstik pilihan Anda tersebut dan lakukan pengecekan melalui internet tentang aman atau tidak bahan-bahan tersebut. Dan yang terakhir jangan tergoda dengan lipstik berharga murah, karena biasanya murah belum tentu baik, dan biasanya semakin mahal harganya maka semakin bagus kualitasnya. Karena itu utamakan kualitas dan keamanan pemakaian. (tom)