Kopi arang atau biasa disebut kopi joss adalah minuman yang begitu populer di Indonesia. Kopi arang hanya bisa Anda nikmati jika berkunjung ke Kota Yogyakarta.

Kini, tak hanya di kota Pelajar saja Anda bisa mendapatakan kopi arang. Kopi yang terbilang unik ini juga bisa ditemui dan dinikmati di kota Palu, Sulawesi Tengah.

Kopi arang yang tersedia di kota Palu ini dibuat dan dijual oleh Warung Kopi (WarKop) Bamboe. WarKop Bamboe berada di Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan.

Rasa kopinya pun tak jauh berbeda dan kalah nikmat dengan rasa kopi arang ala Yogya. Misbah Hidayat selaku Manager WarKop Bamboe, mengatakan, ia baru dua bulan terakhir menjalankan usaha WarKop dengan andalannya yakni kopi arang.

Misbah menuturkan bahwa dirinya memasarkan kopi arang di Palu lantaran terinspirasi oleh kopi arang yang banyak dijual di Yogya.

“Awalnya hanya coba-coba saja setelah terinspirasi dari Yogya. Tapi setelah dua bulan berjalan, ternyata kopi arang yang kami jual dengan coba-coba ini cukup diminati oleh sebagian pecinta kopi yang ada di Palu, makanya sampai sekarang masih kami pertahankan,” ujarnya, seperti dilansir Liputan6, Jumat (27/6/2014).

Menurut Misbah, cara penyajian dan bahan baku kopi arang ala Yogya dan Palu sangat berbeda. Kopi arang Palu disajikan menggunakan batok kelapa atau tempurung sebagai gelas dan penutupnya.

Sementara, untuk bahan baku kopi arang Palu berasal dari kopi asli Sulawesi Tengah. “Untuk bahan baku arang sama dengan arang yang digunakan kopi arang Yogya, karena arang yang kami gunakan juga berasal dari Yogya. Arang ini dari salah satu akar pohon khusus yang hanya bisa didapatkan di Yogya,” jelasnya.

Meski pembuatannya memakai arang, Misbah mengklaim bahwa kopi arang ini aman diminum semua kalangan. “Ya, beda jelas karena menggunakan arang. Dan meskipun menggunakan arang, kopi ini aman untuk diminum siapa saja termasuk anak-anak,” paparnya.

Misbah menuturkan, kopi arang memiliki khasiat untuk kesehatan manusia seperti dapat mencegah dan mengobati masuk angin, sakit perut, kolesterol, diabetes, serta beberapa penyakit dalam lainnya.

“Selain itu, kopi arang juga aman untuk lambung. Dikonsumsi sebelum makan saat pagi hari pun bisa. Per cangkir kami jual Rp 12 ribu sudah dengan dua sampai tiga potong arang tergantung ukuran arangnya,” tutup. (nha)