FOTO: Kecantikan Wanita di Berbagai Negara Dari Satu Foto


Tiap negara memiliki standar kecantikan yang berbeda-beda. Ada yang menganggap cantik itu aalah wanita yang berambut lurus dan berhidung mancung, namun ada juga yang berpendapat berbeda di negara lain. Hal itulah yang membuat seorang jurnalis asal Kansas, Amerika Serikat, membuat proyek eksperimen “Make me look beautiful” yang kreatif.

Dilansir dari Kansas City Star, Sabtu (28/6/2014), seorang jurnalis bernama Esther Honig itu menunjukkan standar wanita dianggap cantik sesuai budaya negara setempat. Uniknya, Esther hanya memerlukan satu foto dirinya yang kemudian melalu proses editing untuk mengubah wajah sesuai dengan standar kecantikan wanita khas bangsa tersebut. Ester mengirimkan foto dirinya yang polos pada 40 orang di 25 negara untuk dipermak menjadi cantik. Menggunakan Photoshop, sosoknya diubah menjadi “cantik” oleh temannya dari berbagai negara seperti Sri Lanka, Maroko, India, Filipina, Jerman hingga Chile.

Bekerja di lebih dari 25 negara, Esther punya banyak pengalaman bertemu dengan berbagai orang dari berbagai bangsa. Pengalaman ini dituangkan Honig dalam kemampuan editing fotonya. Awalnya hanya proyek iseng-iseng, tak disangka Honig sendiri terkejut melihat hasil kerjanya.

Hasil “permak” tersebut ditunjukkan Esther melalui website pribadinya. Yang pertama dihubunginya adalah orang Sri Lanka yang membuat kulitnya lebih putih dengan mata hijau. Setelah itu ia mencoba menyebarnya dan hasilnya cukup mengejutkan.

“Kupikir aku akan melihat foto yang lebih konsisten dari standar pada umumnya,” tutur Esther. “Dengan begini aku menyadari bahwa orang-orang menganggap kecantikan tidak hanya berdasar budaya mereka tapi juga selera pribadi.”

Dari proyek ini Esther juga mengaku menyadari kegunaan Photoshop dalam menciptakan gambaran ideal. “Photoshop membuat kita mencapai standar kecantikan yang tak bisa didapatkan, tapi jika dibandingkan dengan ideal di dunia nyata hasilnya seperti kepura-puraan,” tutupnya.

Berikut foto-foto diri Esther yang sudah di-edit agar menjadi cantik menurut versi berbagai negara. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak