Menjadi seorang warga Islam di daerah yang masyarakatnya mayoritas non-muslim tidaklah mudah. Apalagi sebentar lagi umat muslim di dunia akan melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Komentar miring pun selalu dilayangkan oleh beberapa pihak  pada umat Islam yang menjalankan ibadah puasa.

Untuk menghindari komentar miring terhadap umat muslim dan Ramadhan, sejumlah muslim yang tinggal di Oldham, Mancherster, Inggris, memiliki cara unik sambut Ramadhan, Dikutip dari dream.co.id (Sabtu, 28/6/2014), mereka memiliki rencana untuk mengundang dan menantang non-muslim puasa dan berbuka puasa satu hari saja. Hal ini mereka lakukan tak lain untuk menghilangkan kesalahpahaman  tentang Islam dan Ramadan.

Hushiyar Ali, Nanu Miah, dan Kabir Ahmad yang merupakan warga muslim di Inggris memiliki ide unik yang mereka namakan “Share Ramadhan”. Melalui ide itu umat Islam akan mengundang teman, keluarga, sahabat, dan orang terdekat mereka untuk berpuasa dan berbagi buka puasa bersama selama satu hari. “Ini untuk memberi mereka sedikit kesadaran,” kata Hushiyar Ali.

Ditambahkan Ali, non-muslim di Inggris memiliki banyak praduga tentang gaya hidup muslim, namun dengan undangan ini diharapkan mereka bisa melihat bahwa muslim sebenarnya sama saja.

Mereka yang ikut berpartisipasi dalam acara Share Ramadhan, akan diajak foto bersama dan di unggah ke Twitter dan diberi hashtag #ShareRamadhan.

“Kami ingin orang-orang untuk mengalami bagaimana puasa dan melihat rumah tangga Muslim,” tambah Ali. Ide Ali dan kawan-kawan mendapatkan sambutan yang luar biasa hingga ke Malaysia dan Amerika Serikat. Ali mengatakan, kampanye ini untuk orang-orang di seluruh dunia. Aksi ini memberi tahu kepadapartisipan bahwa puasa memiliki banyak manfaat.

Penduduk muslim di Inggris diperkirakan mencapai 2,7 juta jiwa. Sedangkan umat muslim di Eropa dan Amerika diperkirakan akan melaksanakan ibadah puasa pada 28 Juni.(dea)