Hungaria, mungkin salah satu negara di benua Eropa yang jarang dikunjungi para traveller, dibanding Spanyol, Perancis, atau Italia, negara yang satu ini masih kalah pamor. Namun jangan salah, Hungaria pun memiliki sejumlah wisata sejarah yang patut dikunjungi. Sejarah yang masih terasa kental adalah peninggalan Kerajaan Ottoman di Budapest.

Budapest merupakan ibu kota negara Hungaria. Kota Budapest sebelumnya terdiri dari kota Buda dan kota Pest, kedua kota ini dipisahkan oleh sungai. Setelah jembatan terbangun di atas sungai ini, dua kota pun menjadi satu hingga saat ini dan berubah nama menjadi Budapest.

Peninggalan Kekaisaran Ottoman dan Turki ditandai dengan masih banyaknya Turkish Bath (Pemandian Air Panas khas Turki) di beberapa tempat. Sangat disarankan untuk bersantai sejenak di pemandian ini. Pemandian air panas ini alami berasal dari alam.

Selain Turkish Bath, makanan tradisional pun masih banyak yang dijual dengan menggunakan campuran bumbu khas Turki yang rasanya lezat dan kaya akan rempah, berbagai jenis rempah dan paprika bisa dengan mudah Anda temui di pasar tradisional yang letaknya tak jauh dari tengah kota.

Budapest juga memiliki peninggalan perang yang menarik yakni rumah sakit bawah tanah (Rock Hospital) yang dibangun semasa perang dunia di bawah bukit. Terowongan yang ada pada rumah sakit bawah tanah ini begitu panjang dan dalam hingga ke perut bumi. Namun jangan sangka seperti goa pada umumnya, karena di terowongan ini terdapat fasilitas yang sangat lengkap seperti ruang operasi, ruang rawat, ruang rapat, kamar mandi, hingga mesin pemurni udara. Sungguh canggih sekali.

Untuk Anda yang ingin berhemat, disarankan untuk membeli Budapest Card karena banyak fasilitas yang akan Anda dapatkan seperti gratis naik transportasi publik )kecuali taxi), gratis masuk ke museum, gratis paket mandi Turkish Bath, dan lain-lain. Tertarik belajar sejarah Turki di Budapest?(dea)