Untuk Anda yang berkecimpung di dunia seni lukis, pensil mungkin menjadi alat yang wajib Anda miliki dan sering Anda gunakan. Selebihnya pensil memang berfungsi sebagai alat tulis dan Anda tidak pernah melihat pensil memiliki fungsi lainnya. Namun beda halnya dengan seniman asal Finlandia yang satu ini.

Seniman bernama Tuomas Markunpoika ini mengatakan kalau pensil hanya dilihat sebagai alat tulis karena digunakan secara terpisah. Tuomas ingin menyatukan pensil-pensil itu kemudian melihat apa yang terjadi. Apakah pensil tetap dipandang sebagai alat tulis ketika direkatkan satu sama lain kemudian dihaluskan setiap ujung-ujungnya.

Dari sentuhan tangan Tuomas, Anda akan melihat bahwa fungsi pensil tidak hanya sebagai alat tulis saja. Tuomas berhasil membuktikan fungsi lain dari pensil, yaitu menjadi vas bunga yang indah. Sekilas vas bunga buatannya terlihat terbuat dari kayu seperti vas bunga pada umumnya, namun jika dilihat lebih dekat, ternyata vas bunga itu terbuat dari pensil yang direkatkan satu sama lainnya.

Dilansir dari Boredpanda, Senin (30/6/2014), karya seni buatan Toumas ini diberi nama “Amalgamated”, dan koleksi karya seni Toumas memang ditujukan untuk memperlihatkan setiap benda bisa memiliki nilai seni yang berbeda dengan fungsi benda itu sesungguhnya.

Kreatif itu tidak harus menciptakan sesuatu yang baru, tapi ketika Anda bisa menciptakan karya baru dari benda-benda yang sudah ada di sekitar Anda. Siapa tahu Anda bisa membuat karya lain yang sekelas dengan karya Toumas tersebut. Mungkin saja Anda bisa membuat sebuah karya seni hanya dari kumpulan pulpen atau tempat pensil.

Bagi Anda yang ingin melihat proses pembuatan vas bunga dari pensil kayu karya Toumas, Anda bisa langsung lihat videonya di atas. (tom)