Beberapa waktu yang lalu dunia maya sempat dihebohkan oleh sebuah foto balita yang sedang merokok. Kali ini muncul lagi kisah tentang tingkah balita asal Tiongkok yang tidak sesuai dengan umurnya, yaitu gemar meminum bir.

Cheng Cheng minum bir botolan
Cheng Cheng minum bir botolan

Balita bernama Cheng Cheng tersebut dikabarkan lebih menyukai meinum bir dibandingkan meminum susu seperti balita lain pada umumnya. Foto bayi sedang menenggak botol minuman beralkohol ini awalnya menyebar hingga menjadi perhatian media lokal. Dilansir metro.co.uk, Senin (30/6/2014), Cheng Cheng kemudian dikenal dengan julukan ‘Little Winebibber’ karena kesukaannya pada minuman beralkohol.

Cheng mulai mengenal minuman beralkohol saat masih berusia 10 bulan. Saat itu, ayahnya membuatnya mencicipi wine. Sejak itu dia mulai minum bir dan wine. Cheng bahkan dapat meminum sebotol bir tanpa perubahan yang terlihat. Menurut orangtuanya, kecanduannya terhadap bir membuatnya marah-marah saat mereka tidak memberinya minuman itu.

“Matanya selalu mengarah ke botol minuman beralkohol. Kami mencoba melakukan yang terbaik dengan menyimpan botol-botol di tempat yang tidak terlihat olehnya,” ungkap bibinya, Chai Teng, “Tetapi, kadangkala dia sangat ramai, sehingga kami tidak memiliki pilihan kecuali membolehkannya mencicipi sedikit wine,” lanjut bibinya. Bibinya juga menjelaskan bahwa keluarganya tidak akan memberinya alkohol lagi di waktu0waktu mendatang. Mereka juga akan membicarakan masa depan balita ini dalam rapat keluarga yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

Bila Anda memiliki seorang balita, maka sebaiknya Anda berhati-hati dan mengajarkan sesuatu yang baik kepadanya, bukan sesuatu yang membuatnya memiliki kebiasaan buruk yang tidak dimiliki oleh balita lainnya. Sebaiknya jangan melakukan perilaku yang tak pantas ditiru di depan mereka, apalagi sampai membuatnya mencoba hal-hal yang tak semestinya seperti yang dialami Cheng. (tom)