Jika Anda berkunjung ke Blok M Plaza, Jakarta Selatan jangan lewatkan untuk mencoba donat bernama Churros La Fonda. Donat-donat ini dijual menggunakan kios kecil. Menariknya, ada bajaj yang dijadikan sebagai properti meja dan tempat menjajakan camilan manis ini.

Dilansir Kompas, Senin (30/6/2014), churros sebenarnya adalah donat khas Spanyol, Meski masih dikategorikan donat, churros tak berbentuk bulat dan bolong pada bagian tengah. Churros bercita rasa gurih dengan tekstur crunchy di luar tetapi lembut di dalam.

Bentuknya makanan ini sangat mirip stik goreng yang dilumuri gula dan kayu manis. Dalam sajian churros, Anda dapat memilih isi 5 dengan harga Rp 15.000 atau 10 seharga Rp 25.000 dengan pilihan gula Cinnamon Sugar, Sugar Cane dan Icing Sugar.

Lalu untuk tambahan dipping sauce ada lima rasa, dark chocolate, white chocolate, dulce de leche (karamel), blueberry dan strawberry dengan harga Rp 5.000 untuk satu pilihan dipping sauce.

Dea Kartika Putri, selaku pendiri bajaj penjaja Churros La Fonda mengatakan, kios donat ini sudah tersedia di kota-kota besar seperti Jakarta (Plaza Blok M dan Kemang Village), Bogor (Cibinong City Mall), dan Bali (Beachwalk Kuta, Duta Plaza Denpasar, Mal Bali Galeria)

Dea pun menceritakan awal kisahnya dalam membuka kios churros di Indonesia. “Saat sedang sekolah di Perancis, saya sempat jalan-jalan ke beberapa kota di Spanyol dan menemukan banyak kios churros. Karena rasanya yang enak, dan penasaran banget, saya mencari di daerah tinggal saat itu, Pari dan ternyata ada. Lalu saat itu, saya coba kerja paruh waktu dan kebetulan diterima oleh salah satu kios churros di Paris yang dimiliki oleh orang Spanyol. Di sana lah saya belajar membuat churros,” tandas Dea

“Dari awal saya membuat, saya yakin kalau tak akan sulit mengenalkan churros di Indonesia. Rasanya cocok saja dengan lidah orang Indonesia, makanya akhirnya saya tambah kios bahkan saat ini bisa franchise,” lanjutnya.

Lebih lanjut Dea menuturkan, di dalam bajaj ini juga tersedia dapur terbuka. Di sini, pengunjung dapat menyaksikan sendiri cara pembuatan churros di sana, mulai dari adonan, cetakannya hingga saat mulai digoreng. â??Kalau arti harfiahnya, La Fonda merupakan bahasa Spanyol yang artinya penginapan. Maka bajaj ini merupakan rumahnya para churros,â? tutup Dea. (nha)