Kenal Lebih Dalam Sejarah Hindu di Kompleks Candi Arjuna


Indonesia memang terkenal dengan peninggalan-peninggalan bersejarah dari kerajaan Hindu. Salah satu candi yang terkenal dan menjadi situs warisan budaya dunia adalah Candi Borobudur yang terdapat di wilayah Magelang, Jawa Tengah.

Ketika Anda datang ke Jawa  ke kompleks Candi Borobudur Tengah, jangan terpaku dan terpana hanya pada Candi Borobudur atau  Candi Prambanan saja. Datanglah ke kompleks Candi Arjuna yang terdapat di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.Candi ini terletak di ketinggian 2.038 mdpl dengan pemandangan hamparan bukit tinggi Dieng yang sangat indah dan menyejukan mata, membuat tempat wisata ini bisa dijadikan wisata budaya sekaligus wisata alam.

Candi Arjuna merupakan candi tertua yang ada di Pulau Jawa karena dibangun pada tahun 809 Masehi, lebih tua dibanding Candi Prambanan (850 M). Candi Arjuna merupakan tempat pemujaan Dewa Siwa, hal ini berdasarkan karena terdapatnya Lingga dan Yoni di dalam bangunan candi utama, dan ditemukan pula arca-arca seperti Dewi Durga, Agastya, dan Ganesha.

Dikutip dari indonesia.travel (Selasa, 1/7/2014), kompleks candi terdiri dari lima candi utama yaitu Candi Arjuna Candi Srikandi, Candi Semar, Candi Sembadha, dan Candi Puntadewa. Diduga bangunan Candi Arjuna terpengaruh oleh budaya India karena arsitekturnya yang mirip dengan candi di India.

Untuk Anda yang ingin mengunjungi kompleks candi ini disarankan untuk datang pagi-pagi sekali karena tempatnya masih sepi dan udaranya sangat sejuk, memberi Anda keleluasaan yang lebih untuk mengitari 8 kompleks candi secara keseluruhan.

Letak kompleks Candi Arjuna sekitar 3 jam perjalanan dari Yogyakarta dan sekitar 45 45 menit jika ditempuh dari Wonosobo. Anda bisa menggunnakan kendaraan darat untuk sampai ke sini. Pakailah pakaian hangat seperti jaket atau sweater, karena udara di sekitar Dieng relatif dingin.(dea)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak