Jika Anda pernah mencicipi masakan khas Aceh, pasti Anda akan disuguhkan oleh rempah-rempah yang dicampurkan ke dalam hidangan tersebut. Salah satu makanan ini pun juga tak lupa memakai rempah dalam memasaknya

Makanan yang satu ini berupa daging  khas Aceh yang diolah menjadi suatu hidangan lezat yang mampu menggoda selera makan Anda. Masyarakat Aceh menyebut masakan ini yakni ‘Masak Mirah’.

Memang, kebanyakan makanan khas Aceh selalu berkuah, namun berbeda dengan Masak Mirah. Hidangan ini tak bekuah seperti kari, melainkan lebih kental.

Tak hanya itu, perbedaan kedua masakan ini juga terletak pada bumbu dan bahan utamanya. Jika umumnya kari menggunakan daging ayam atau kambing sebagai bahan utamanya.

Maka, Masak Mirah cenderung memakai daging sapi atau daging lembu untuk bahan utamanya. Selain itu, Masak mirah juga tidak menggunakan santan dalam pengolahannya.

Dalam membuat Masak Mirah, bahan-bahannya pun tidak terlalu rumit. Hanya memakai cabai, bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar, kelapa gonseng, dan kunyit. Jumlah bahan-bahannya tergantung pada jumlah atau seberapa banyak yang ingin dimasak.

Kemudian, semua bahan itu digiling. “Cara masaknya, panaskan minyak goreng, kemudian tumis. Untuk bumbu tumis lain lagi, bawang, daun serei, daun salam, daun temurui (Murraya koenigii),â? ujar Novi, salah seorang ibu rumah tangga di Lhokseumawe, Aceh, seperti dilansir Viva.co.id, Selasa (1/7/2014).

Selanjutnya, semua bahan itu ditumis dan dimasukkan bumbu yang sudah digiling tadi beserta daging sapi atau lembu yang sudah disiapkan. â??Jumlahnya menurut selera dan menurut jumlah daging yang ingin dimasak,â? lanjutnya.

Wah, benar-benar hidangan khas Aceh yang enak ya. Bagaimana? Anda tertarik untuk mencobanya? Jika ya, Anda bisa berkunjung ke Aceh dan langsung mencicipi hidangan Mirah Daging Sapi dengan cita rasa yang enak, gurih, dan lezat. (nha)