Unik! Kuburan Raja Islam Afrika Ini Terbuat dari Lumpur


Sejak kematiannya, raja terbesar dari kekaisaran Songhai bernama Askia Mohammad I dimakamkan di wilayah Gao, Mali. Ternyata, makam ini dibangun pada akhir abad kelima belas. Adapun kompleks makam ini meliputi piramida makam, dua masjid, dan sebuah pemakaman.

Dengan tinggi sekitar 17 meter, makam ini dijadikan sebagai pra-kolonial terbesar di wilayah tersebut. Makam tersebut merupakan bentuk dari gaya arsitektur Islam paling tua hingga pada akhirnya Islam telah menyebar di seluruh wilayah.

Askia Mohammad I ialah kaisar Askia pertama yang berperan besar dalam memperluas wilayah Kekaisaran Songhai dan penyebaran agama Islam di wilayah tersebut.

Tak hanya itu, Askia Mohammad I juga dikenal sebagai seorang muslim yang taat sekaligus raja yang memahami pentingnya ilmu pengetahuan. Sang raja meresmikan Islam sebagai agama negara dan memasukkan prinsip-prinsip Islam dalam menjalankan negara.

Pada masa pemerintahannya, Askia Mohammad I menugaskan para ajudannya untuk mendirikan sejumlah sekolah serta memberi pendalaman agama Islam kepada seluruh rakyatnya.

Dilansir Merdeka.com, Selasa (1/7/2014), makam sang raja dibuat atas perintah Askia Mohammad I sendiri. Askia Mohammad I sempat menunaikan ibadah haji di Mekkah pada tahun 1495.

Lantaran merasa senang dengan pengalaman spiritual yang di dapat di sana, sekembalinya dari ibadah haji ia membawa serta lumpur dan kayu dari Mekkah.

Atas perintah sang raja, maka dibuatlah sebuah makam dengan ukuran besar berbahan lumpur dan kayu dari Mekkah. Bagian dalam makam memiliki struktur dan arsitektur seperti sebuah rumah, dengan beberapa kamar dan lorong-lorong yang disegel begitu jenazah Askia Mohammad disemayamkan di dalamnya.

Pihak UNESCO pernah mengklaim bahwa makam ini termasuk salah satu struktur dari bahan lumpur ala Sahel, Afrika Barat yang paling bagus. Tahukah Anda? Makam ini resmi dinobatkan sebagai bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak