Siapa sangka? Di dunia ini terdapat hewan jenis kucing betina yang memiliki wajah dua dan bermata biru. Nama kucing tersebut adalah Venus. Ia disebut sebagai kucing paling misterius di dunia.

Seiring ketenarannya menggemparkan dunia, Venus pun sudah mempunyai laman Facebook dan video di Youtube pribadi. Tak tanggung-tanggung, akun jejaring sosial milik kucing ini telah dilihat oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Venus diklaim memiliki takdir yang sama dengan Janus (dewa Bangsa Romawi) yang juga memiliki dua wajah. Dua wajah yang dimiliki Venus masing-masing berwarna hitam dan coklat.

Salah satu sisi wajah kucing ini berwarna hitam dengan mata hijau. Lalu, sisi lainnya berwarna coklat oranye dengan mata biru. Dengan demikian, wajah Venus tepat “terbelah” di tengah.

Sang pemilik Venus mengatakan, sebagai hewan peliharaan Venus bersikap lembut dan sempurna, dengan nafsu makan luar biasa. “Kecil-kecil, ia lebih memilih porsi raksasa makanan dari mangkuk anjing daripada makan makanan kucingnya,” tulis pemilik dalam akun Facebook Venus

Terkait fenomena Venus, Leslie Lyons, selaku profesor dari University of California, Davis, yang mempelajari genetika kucing mengatakan, “Dia (Venus) sangat-sangat langka. Tapi Anda bisa menjelaskan dan memahaminya. Dia adalah salah satu misteri,” ujarnya, seperti dikutip National Geograpfic, Rabu (2/7/2014)

Selain itu, Lyons menduga bahwa ciri wajah Venus muncul karena proses perkembangan dalam tubuhnya. Pada mulanya, gen yang menentukan pewarnaan hitam bekerja di salah satu sisi wajah dan gen pewarnaan oranye di wajah lain.

Saat berkembang, dua bagian itu langsung bertemu tepat di tengah. Alhasil, gen tersebut menghasilkan kucing yang memiliki dua wajah. Oleh karena itulah, Venus dikenal sebagai kucing chimera, di mana komposisi genetik dan warna mata berbeda disebabkan oleh kondisi heterochromia. (nha)