Jika Anda gemar mengunjungi objek wisata alam, terutama danau, Anda harus coba mengunjungi Danau Labuan Cermin. Danau Labuan Cermin merupakan salah satu tempat wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi di Kalimantan Timur. Seperti apa suasana Danau Labuan Cermin ini? Berikut ulasannya.

Danau tersebut terletak di lokasi yang lumayan jauh dari kota, sehingga objek wisata ini masih belum banyak diketahui oleh orang banyak. Bahkan hampir tidak ada wisatawan yang datang ke danau ini. Danau ini hanya dikenal oleh masyarakat lokal di daerah sekitar danau sehingga sarana dan prasarananya juga masih cukup sederhana.

Danau Labuan Cermin
Danau Labuan Cermin

Meski demikian, danau ini memiliki keunikannya sendiri. Bagian atas atau permukaan danau ini terdapat aliran air tawar seperti kebanyakan danau pada umumnya. Tetapi beberapa meter di bawahnya ada aliran air asin. Menariknya, kedua jenis air ini saling terpisah. Jika dilihat secara kasat mata, dapat dilihat bahwa air tawar dan air laut di dalam danau ini dipisahkan oleh lapisan yang menyerupai awan.

Sampai saat ini belum ada yang melakukan riset di daerah ini sehingga fenomena aneh ini masih tetap menjadi sebuah misteri besar di danau ini. Dilansir dari Yukpegi, Kamis (3/7/2014), lapisan kerung warna putih itu diduga sebagai hasil pembusukan organisme yang terperangkap dan tidak bisa pergi. Selain itu air tawar dan air asin di danau ini juga menghadirkan organisme dua dunia yakni ikan air tawar yang hidup di permukaan dan ikan air laut yang hidup di dasar danau.

Danau Labuan Cermin
Danau Labuan Cermin

Selain unik, danau yang terdapat di tempat ini juga terlihat indah, karena airnya cukup jernih dan berwarna biru, sehingga Anda bisa menikmati keindahan danau ini meskipun hanya sekedar duduk-duduk saja di pinggir danau.

Untuk menuju ke objek wisata yang berada di Kecamatan Biduk-Biduk ini, Anda harus naik sampan nelayan dan memerlukan waktu perjalanan selama 15 menit. Perjalanan ini akan menembus hutan dan semak bakau. Hutan-hutan tersebut masih dihuni dengan berbagai macam binatang liar seperti bekantan, monyet, beruang madu, dan berang-berang. Anda juga bisa menginap di sini, karena di tempat ini disediakan penginapan. Apakah Anda tertarik untuk menginap di sini? (tom)